Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Litmanen Tertarik Latih Tim Nasional Indonesia

By Oka Akhsan M. - Sabtu, 4 Mei 2013 | 01:25 WIB
Jari Litmanen (Beri Bagja/Bolanews)

Pemain legendaris Finlandia, Jari Litmanen, mengaku tertarik untuk menjadi pelatih tim nasional Indonesia. Namun, Litmanen menegaskan hal itu tak akan terjadi dalam waktu dekat.

"Untuk saat ini saya katakan tidak untuk Indonesia. Mengapa? Karena saya belum menjadi pelatih! Jika saya sudah mendapat lisensi kepelatihan, mungkin hal itu bisa dibicarakan," kata Jari Litmanen kepada media dalam press briefing pembukaan Festival Film Eropa 2013 di Keraton at The Plaza Hotel, Jakarta, Jumat (3/5).

"Banyak orang di Finlandia juga bertanya mengapa saya tak melatih tim nasional. Saya sama sekali tak tertarik. Finlandia masih memiliki banyak pelatih bagus dan lebih berpengalaman ketimbang saya," ujar Litmanen.

Banyak yang menganggap pengalaman Litmanen sebagai pemain akan menjadi modal yang sangat bagus untuk menjadi pelatih hebat. Namun, ia mengaku belum siap untuk mengikuti jejak mantan rekan-rekannya seperti Frank de Boer yang kini menjadi pelatih Ajax.

"Saya ingin menikmati waktu saya saat ini. Melatih bukan tujuan saya setelah pensiun. Saya lebih menikmati karier sebagai pemain. Menjadi pelatih itu lebih sulit. Banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang," sebut Litmanen.