Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dipukul Kiper, Wasit Amerika Serikat Tewas

By Oka Akhsan M. - Minggu, 5 Mei 2013 | 17:48 WIB
Ricardo Portillo (101greatgoals.com)

Kabar duka kembali datang dari lapangan hijau. Seorang wasit asal Amerika Serikat, Ricardo Portillo, tewas Sabtu (4/5) setelah dipukul oleh kiper berusia 17 tahun di bagian kepala dalam sebuah pertandingan liga lokal di Utah pada 27 April.

Insiden bermula ketika Ricardo Portillo memberi kartu kuning kepada sang kiper karena mendorong striker lawan yang mencoba mencetak gol. Tak terima, kiper tersebut langsung memukul kepala wasit berusia 46 tahun itu saat tengah menulis laporan kartu kuning.

Menurut pernyataan dari kepolisian setempat, awalnya Portillo terlihat baik-baik saja sebelum mengeluh merasa pusing. Ia kemudian terjatuh dan mulai muntah darah sehingga rekan-rekannya berinisiatif memanggil ambulans.

"Pelaku berdiri dekat dengan korban dan memukulnya tepat di wajah karena merasa tak senang dengan kartu kuning yang diterima," kata juru bicara polisi Justin Hoyal seperti dilansir 101greatgoals.com.

Menurut dokter Shawn Smith yang menangani korban, Portillo mengalami pembengkakan otak dan berada dalam kondisi kritis sebelum meninggal dunia. Polisi menyatakan si pelaku, yang tak disebutkan namanya, akan segera ditahan di penjara khusus remaja untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.