Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Penalti Arturo Vidal Antar Scudetto untuk Juventus

By Okie Prabhowo - Minggu, 5 Mei 2013 | 21:54 WIB
Arturo Vidal (kiri), rayakan gol bersama tifosi Juventus. (Tullio M. Puglia/Getty Images)

0 pada pekan ke-35 di Juventus Stadium, Minggu (5/5) WIB. Gol tunggal yang tercipta dihasilkan gelandang I Bianconeri, Arturo Vidal, melalui titik penalti pada babak kedua.

Babak pertama berjalan 20 menit, Juventus kesulitan menembus pertahanan Palermo yang ketat dan banyak menurunkan pemain di derah sendiri. Salah satu peluang yang dimiliki I Bianconeri yaitu saat Arturo Vidal melakukan tendangan voli dari luar kotak penalti. Namun, sayang bola hasil tendangan kerasnya masih melebar di samping gawang Rosanero.

Mirko Vucinic memiliki kesempatan emas pada menit ke-27. Dirinya yang sudah berhadapan dengan kiper Palermo, Stefano Sorrentino, tidak dapat menceploskan bola ke dalam gawang. Bola hasil tendangannya masih bisa dihalau Sorrentino dan hanya menghasilkan tendangan penjuru. Hingga babak pertama berakhir skor masih sama imbang tanpa gol.

Babak kedua berjalan enam menit, tim tamu, Palermo memiliki peluang emas. Bola hasil tendangan Fabrizio Miccoli masih membentur tiang gawang yang dijaga kiper Gianluigi Buffon.

Keuntungan diperoleh Juventus setelah wasit menunjuk titik putih. Vucinic yang terdorong dan terjatuh di dalam kotak penalti oleh Massimo Donati dianggap wasit sebagai sebuah pelanggaran. Vidal sebagai eksekutor melaksanakan tugasnya dengan baik dan menghasilkan gol pada menit ke-59 dan mengantarkan keunggulan sementara 1-0. Juventus yang hanya membutuhkan hasil seri dalam laga ini, berarti tinggal hanya menunggu hingga pertandingan berakhir untuk memastikan gelar scudetto musim ini.

Wasit memutuskan untuk memberi kartu merah kepada Paul Pogba pada menit ke-83. Pogba terlihat meludahi muka Salvatore Aronica. Namun, Pogba menyangkal atas perbuatannya karena ia juga merasa wajahnya ditempeleng oleh Aronica. Palermo unggul jumlah pemain kini.

Meski dengan 10 pemain, Juventus berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 atas Palermo hingga laga berakhir. Dengan hasil ini La Vecchia Signora memastikan gelar scudetto musim 2012/13.

*****

Susunan pemain:

Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner (Padoin 56'), Vidal, Pirlo, Pogba, Asamoah (Peluso 66'), Marchisio; Vucinic (Quagliarella 78')

Palermo: Sorrentino; Von Bergen, Donati, Aronica; Nelson, Barreto, Arevalo Rios (Faurlin 79'), Kurtic, Garcia; Ilicic (Dybala 71'), Miccoli (Hernanadez 65')