Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

United Harus Belajar dari Munchen dan Dortmund

By Oka Akhsan M. - Selasa, 7 Mei 2013 | 17:29 WIB
Nemanja Vidic (John Peters/Getty Images)

Keberhasilan Bayern Munchen dan Borussia Dortmund melaju ke final Liga Champion musim ini tak lepas dari pengamatan kapten Manchester United, Nemanja Vidic. Vidic mengklaim Setan Merah harus belajar dari kedua klub Bundesliga itu jika ingin menjadi jawara Eropa musim depan.

Bayern Munchen dan Borussia Dortmund sukses mengukir sejarah dengan menghadirkan final Liga Champion antar sesama tim Jerman untuk pertama kali di Wembley. The Bavarians dan Die Borussen menyisihkan dua raksasa La Liga, Barcelona dan Real Madrid, secara meyakinkan di semifinal.

Meski sukses merebut trofi Premier League, namun langkah Manchester United di Liga Champion sudah terhenti di babak 16 besar usai disingkirkan Real Madrid. Nemanja Vidic meminta Setan Merah menganalisis performa impresif Munchen dan Dortmund agar bisa meraih prestasi lebih bagus di Eropa musim depan.

"Kredit layak diberikan untuk Bayern. Mereka memainkan sepak bola yang sangat bagus. Mereka bermain sebagai tim untuk menutup pergerakan pemain Barcelona dengan sangat cepat. Sulit untuk melawan tim seperti itu," kata Nemanja Vidic kepada situs resmi klub.

"Dortmund juga memainkan skema yang sama ketika menghadapi Madrid untuk memperlihatkan tendensi di sepak bola Jerman. Kami harus memperhatikannya karena mungkin itulah yang harus kami kembangkan. Dalam beberapa tahun terakhir, patokan seluruh tim adalah Barcelona," ujar Vidic.

"Jika melihat Bayern dan Dortmund saat ini, mereka bermain sebagai tim dan individual. Itulah alasan mengapa mereka bisa sukses," sebut Vidic.