Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Juventus Dijadikan Contoh oleh Sir Alex Ferguson

By Okie Prabhowo - Kamis, 9 Mei 2013 | 01:19 WIB
Marcello Lippi (Masashi Hara/Getty Images)

Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, akan pensiun pada akhir musim 2012/13. Mantan pelatih Juventus yang kini menangani klub Cina, Guangzhou Evergrande, Marcello Lippi, menyebut bahwa Fergie gunakan I Bianconeri sebagai contoh untuk membangun The Red Devils.

Sir Alex Ferguson telah mengonfirmasi bahwa dirinya pensiun pada akhir musim ini setelah menangani Manchester United selama 26 tahun. Namun, Sir Alex akan tetap berada di Old Trafford dengan jabatan sebagai direktur atau duta klub.

"Saya tidak menyangka ini. Saya menilai hasratnya dalam sepak bola akan berhenti. Saya sering kali berbicara dengannya dan ia selalu mengatakan kepada saya bahwa sepak bola adalah hidupnya. Jadi dia tidak ingin pulang ke 'bos rumah', yaitu istrinya," ujar Marcello Lippi kepada Radio Sportiva.

"Sekarang waktu yang tepat dirinya untuk ke seluruh dunia untuk menjadi duta sepak bola, tidak hanya untuk United."

"Pertama kali kami bertemu, kami menjadi bagian dari pelatih penting di Eropa. Saya ingat ia terkesan dengan konsentrasi para pemain Juventus yang saya tangani saat kami berada di terowongan stadion sebelum laga berlangsung."

Pertemuan pertama antara Lippi dengan Ferguson yaitu pada musim 1996/97 di Liga Champion fase grup C. Laga yang dilangsungkan di stadion Delle Alpi tersebut, The Red Devils kalah 0-1 dari I Bianconeri. Gol La Vecchia Signora dicetak Alen Boksic pada babak pertama.

"Sering kali ia mengatakan kepada saya, dia menggunakan Juventus sebagai contoh untuk membangun tim Manchester-nya. Saya tidak berbicara bahasa Inggris, sementara ia berbicara Inggris dengan sangat baik, sehingga kami membutuhkan penerjemah. Kemudian kami menemukan jalan tengah, kami berdua berbicara bahasa Prancis sehingga kami bisa menjalin komunikasi."

"Kami memiliki hubungan yang baik dan bertukar botol. Ia mengirimkan saya whisky dan saya memberinya anggur Italia," kata Lippi.