Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Spurs Tahan Chelsea di Stamford Bridge

By Zulfirdaus Harahap - Kamis, 9 Mei 2013 | 03:29 WIB
(Ian Walton/Getty Images)

2 oleh Tottenham Hotspur dalam lanjutan pekan ke-36 Premier League 2012/2013. Dengan hasil ini, perebutan jatah Liga Champion semakin sengit. Tiga klub tercatat bersaing demi mendapat kesempatan bermain di kompetisi tertinggi benua biru tersebut.

Tampil dihadapan publik sendiri membuat Chelsea percaya diri dalam melakukan serangan ke lini pertahanan Tottenham Hotspur. Baru tujuh menit babak pertama dimulai, Fernando Torres mampu memberikan umpan gemilang kepada Juan Mata. Namun, tendangan Juan Mata masih jauh dari sasaran.

Chelsea akhirnya mampu mencetak gol pada menit ke-11. Melalui tendangan sudut yang dilakukan Juan Mata, Gary Cahill menyundul bola ke arah kiri gawang Spurs yang dikawal Hugo Lloris. Oscar yang sudah berada dalam posisi bebas didepan gawang Lloris, tanpa pikir panjang meneruskan sundulan Cahill yang berakhir gol untuk Chelsea. The Blues unggul 1-0 atas The Lilywhites.

Ungul 1-0, membuat Chelsea semakin tampil agresif. Terbukti Mata lagi-lagi kembali mengancam gawang Lloris pada menit ke-16 hasil kreasi umpan Cesar Azpilicueta. Sayang, tendangan pemain timnas Spanyol itu masih melambung tanpa menemui titik sasaran.

Tottenham berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-26. Memanfaatkan operan Scott Parker, Emmanuele Adebayor berhasil mengakhiri umpan tersebut dengan tembakan indah melengkung ke arah kiri atas gawang. Kiper Chelsea, Petr Cech, gagal menghadang tendangan itu. Skor imbang 1-1 terjadi di Stamford Bridge.

Pada menit ke-39, Ramires berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai mencetak gol hasil umpan Torres yang menghujam gawang Lloris. Chelsea berbalik unggul 2-1 dan skor bertahan hingga turun minum.

Babak kedua diawali dari usaha Azpilicueta menambah pundi-pundi gol Chelsea. Sayang, tendangannya di menit ke-54 masih melebar tipis dari jangkauan gawang Tottenham.

Tottenham harus menunggu hingga menit ke-80 untuk memastikan membawa satu poin dari London Barat.

Tampil sebagai pemain pengganti, Gylfy Sigurdsson mampu menyelamatkan muka Andre Villas Boas dari kekalahan usai mencetak gol pada menit ke-80. Sigurdsson mampu memaksimalkan umpan backheel Adebayor yang dikonversi menjadi gol melalui tendangan datar ke arah kiri bawah gawang Cech.

Dengan hasil imbang ini, persaingan dalam rangka perebutan jatah Liga Champion semakin ketat. Chelsea tetap berada di posisi ketiga dengan raihan 69 poin, menyusul Arsenal ditempat keempat dengan koleksi 67 angka, dan terpaut satu angka, Totenham membayangi dengan kolektivitas 66 poin.