Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Suporter: Gantikan Saja Ilija Spasojevic!

By Zulfirdaus Harahap - Sabtu, 11 Mei 2013 | 02:12 WIB
Skuad PSM Makassar (Tribun Timur)

Striker PSM Makassar asal Montenegro, Ilija Spasojevic, masih belum mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya sebagai striker handal. Padahal, statusnya sebagai pemain asing diharapkan mampu mendongkrak peringkat PSM di klasemen dengan mencetak banyak gol di tiap laga.

Musim ini, dari sembilan kali diturunkan sebagai starter, pemain bernomor punggung 9 itu hanya bisa memasukkan lima gol dari dua pertandingan. Masing-masing saat melawan PSIR Rembang empat gol dan Pro Duta satu gol.

Empat gol yang dilesakkannya ke gawang PSIR Rembang dinilai tak terlalu istimewa mengingat kondisi PSIR rembang saat itu datang dengan skuad pas-pasan dan tanpa persiapan matang menghadapi PSM. Sementara gol Spaso ke gawang Pro Duta, Rabu (8/5/13), hanya melalui titik penalti. Koleksi 14 gol pada musim lalu juga banyak dari titik putih.

Tak pelak, kualitasnya sebagai pemain asing diragukan. Pelatih sepakbola yang juga pengamat PSM, Syarif Lili menyebutkan bahwa Ilija Spasojevic tak memberikan kontribusi sama sekali untuk tim, bahkan terkesan menyulitkan pemain PSM lainnya untuk melakukan serangan.

Dg Uki alias Uki Nugraha dari kelompok suporter Laskar ayam Jantan menyebutkan bahwa sosok striker petarung seperti Aldo Barreto atau Osvaldo Moreno sangat dirindukan. " Mereka (Aldo Dan Osvaldo) di klub manapun mereka bermain pasti selalu bermain dengan bagus dan dicintai suporter, " ujar Uki via telepon, Jumat (10/5).

Namun, pria yang gemar berambut Mohawk ini menyarankan agar jangan hanya di lini depan saja yang menjadi perhatian, namun setiap lini harus dirombak total putaran kedua nanti.

"Jangan hanya lini depan saja tapi tengah dan belakang juga," sarannya. Indra Igo dari kelopok suporter The Maczman juga menyerukan hal serupa. "Ambil Bambang Pamungkas kalau perlu, meski sudah tidak muda tapi kemampuannya tidak diragukan lagi, " serunya.

Laporan Tribun Timur/Ilham Mulyawan