Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menang atas Stoke, Tottenham Geser Arsenal

By Zulfirdaus Harahap - Minggu, 12 Mei 2013 | 22:16 WIB
Pemain Spurs merayakan kemenangan 2-1 atas Stoke City (Laurence Griffiths/Getty Images)

1 pada Minggu (12/5) di Britannia Stadium. Kemenangan ini membawa The Lilywhites aman berada di zona Liga Champion.

Publik tuan rumah tidak memerlukan waktu yang lama untuk bersorak. Laga baru berjalan tiga menit, Stoke berhasil unggul 1-0 atas Tottenham Hotspur. Steven Nzonzi berhasil menanduk umpan Charlie Adam yang gagal diselamatkan kiper Hugo Lloris.

Tim tamu sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-16. Sayang, gol tersebut dianulir wasit karena Clint Dempsey dianggap sudah berada dalam posisi offside.

Pada menit ke 20, Dempsey jugalah yang melesakkan gol legal untuk membuat laga menjadi imbang 1-1. Umpan lambung Scott Parker ke arah Aaron Lennon dihalau pemain bertahan Stoke tanpa mengetahui bahwa kiper Begovic sudah bergerak maju.

Bola hasil clearance jatuh ke kaki Dempsey dan tanpa ragu pemain Amerika tersebut langsung melesatkan tembakan first time jarak jauh. skor imbang 1-1 hingga turun minum.

Pada babak kedua, Stoke harus bermain dengan sepuluh orang ketika Charlie Adam melakukan tekel keras terhadap Jan Vertonghen yang berbuah kartu kuning kedua untuk dirinya.

Unggul jumlah pemain tentu dimaksimalkan oleh anak asuh Andre Villas Boas tersebut. Umpan silang Dempsey berhasil dikonversi menjadi gol oleh penyeran Emmanuel Adebayor.

Raihan tiga poin ini sudah cukup memastikan klub London Utara untuk naik ke posisi empat menggeser Arsenal. Kini, Spurs berhasil mengoleksi 69 angka hasil 37 pertandingan.

Susunan pemain Stoke City vs Tottenham Hotspur:

Stoke City: Begovic, Shotton (Cameron 75'), Shawcross, Huth, Wilson; Adam, Whitehead, Nzonzi, Etherington (Wilkinson 57'), Walters, Crouch (Jerome 57').

Tottenham Hotspur: Lloris, Walker, Caulker, Dawson, Vertonghen, Lennon (Defoe 75'), Huddlestone, Parker (Dembele 68'), Dempsey (Sigurdsson 84'), Adebayor, Bale.