Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jorge Lorenzo Keluhkan Ban di MotoGP

By Eky Rieuwpassa - Minggu, 12 Mei 2013 | 23:50 WIB
Ban Bridgestone (lamotocicletta.es)

Para pebalap MotoGP mengeluhkan ban yang disuplai Bridgestone untuk musin balap 2013 harus dievaluasi. Untuk ban keras performanya kurang mumpuni.

Jorge Lorenzo mengungkapkan keluhan tersebut ketika para pebalap mengikuti pertemuan komisi keamanan di Spanyol. Ban keras yang disediakan oleh Bridgestone di musim ini tidak sebaik performa ban lunak.

Padahal untuk mengarungi jumlah lap di balapan setiap seri, para pebalap lebih membutuhkan ban jenis ini karena keawetannya. Untuk ban lunak lebih sering digunakan saat sesi kualifikasi atau ketika cuaca di sirkuit tak terlalu panas mengingat tingkat degradasinya yang lebih tinggi.

“Saya mengatakan bahwa para pebalap sedikit kecewa, kami hanya punya satu jenis ban yang bagus di hampir setiap trek. Tahun ini ban keras tidak bekerja dengan maksimal pada seluruh pebalap, jadi kami terus menggunakan ban lunak di setiap sesi,” kata Lorenzo.

Pebalap Yamaha itu menambahkan bahwa ban keras yang saat ini disediakan terlalu licin sehingga terlalu berisiko. Keadaan ini membuat para pebalap tak punya pilihan lain lagi selain menggunakan ban lunak untuk sesi balapan.