Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pesta dan Kado Spesial dari United untuk Sir Alex

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 13 Mei 2013 | 00:39 WIB
Pesta gelar Premier League ke-20 Manchester United (Getty Images)

1 atas Swansea City, Ahad (12/5) malam WIB, dijadikan sebagai kado spesial dari Manchester United untuk Sir Alex Ferguson. Itu merupakan pertandingan terakhir bagi Fergie di Old Trafford yang telah memutuskan untuk pensiun sebagai manajer.

Satu gol penentu yang dicetak Rio Ferdinand menyempurnakan pesta sebagai juara Premier League musim 2012-13 yang langsung dirayakan usai pertandingan tersebut. Tidak hanya untuk Sir Alex Ferguson, seluruh suporter United juga memberikan penghormatan terakhir kepada Paul Scholes yang memutuskan untuk kembali gantung sepatu.

Di pertandingan tersebut Sir Alex tidak memainkan Wayne Rooney dan lebih memilih untuk menduetkan Robin van Persie dengan Javier 'Chicharito' Hernandez. Chicharito menjadi pencetak gol pertama United di babak pertama.

Berawal dari sepakan bola mati Van Persie pada menit ke-39, Chicharito berdiri dalam posisi bebas saat mendapatkan bola setelah sempat terjadi perebutan. Tanpa basa-basi Hernandez pun langsung melepaskan tembakan menyilang yang sulit diredam Gerhard Tremmer. Unted unggul 1-0 di babak pertama.

Di babak kedua, Swansea berhasil memperbaiki permainan dan lebih baik dalam menggencarkan serangan. Hasilnya, pada menit ke-49 The Swans berhasil mencetak gol balasan lewat lesakan Michu.

Gol yang membuat skor imbang 1-1 tersebut sempat membuat seisi Old Trafford khawatir. Akan tetapi, tiga menit sebelum waktu normal di babak kedua berakhir, Rio Ferdinand membuat suporter Setan Merah bersorak. Ferdinand keluar sebagai penentu kemenangan usai sepakan kerasnya mengoyak jala gawang Swansea dan memberikan kemenangan 2-1 untuk United sekaligus kado spesial bagi Sir Alex yang menjalani pertandingan terakhir di Old Trafford.

Susunan pemain
Manchester United: 1-David de Gea; 4-Phil Jones, 5-Rio Ferdinand, 15-Nemanja Vidic, 3-Patrice Evra; 22-Paul Scholes (8-Anderson 66), 16-Michael Carrick, 26-Shinji Kagawa; 19-Danny Welbeck (7-Antonio Valencia 66), 20-Robin van Persie, 14-Javier Hernandez (11-Ryan Giggs 75).

Swansea: 25-Gerhard Tremmel; 21-Dwight Tiendalli, 4-Chico, 6-Ashley Williams, 3-Neil Taylor (33-Ben Davies 66); 20-Jonathan de Guzman, 7-Leon Britton; 12-Nathan Dyer, 15-Wayne Routledge, 11-Pablo Hernandez (26-Kemy Agustien 87); 9-Michu (22-Angel Rangel 74).