Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pidato Lengkap Sir Alex Ferguson di Old Trafford

By Syamsul Arif - Senin, 13 Mei 2013 | 17:04 WIB
Sir Alex Ferguson (John Peters/Man Utd via Getty Images)

Legenda hidup Manchester United, Sir Alex Ferguson, telah memutuskan akan pensiun dari posisi Manajer The Red Devils pada akhir musim 2012/13. Sir Alex pun telah menyampaikan pidato perpisahannya dengan publik Old Trafford.

Sir Alex Ferguson menyampaikan pidato perpisahannya dengan para pendukung Manchester United setelah laga terakhirnya di Old Trafford, laga kontra Swansea City, Minggu (12/15) malam WIB, usai. Pada moment yang sangat emosional itu, Sir Alex berdiri di tengah lapangan dan menyampaikan ucapan terima kasih serta wejangan kepada segenap orang-orang yang mencintai Manchester United.

Berikut Pidato Lengkap Sir Alex Ferguson.

"Saya sama sekali tidak mempersiapkan naskah di pikiran saya. Saya hanya akan mengoceh dan berharap dapat menyampaikan seberapa besar arti klub sepak bola ini untuk saya."

"Pertama-tama, tentu adalah ucapan terima kasih kepada Manchester United. Tidak hanya untuk pada Direktur, staf medis, staf pelatih, para pemain, atau pendukung, melainkan untuk semuanya. Anda telah menjadi pengalaman yang paling fantastis dalam hidup saya."

"Saya telah sangat beruntung, karena diberi kepercayaan untuk melatih beberapa pemain terbesar di negeri ini untuk Manchester United. Hari ini, semua pemain yang hadir di sini telah berhasil menjadi wakil klub dengan cara yang tepat. Mereka berhasil menjuarai kompetisi dengan cara yang fantastis. Para pemain telah melakukan segalanya dengan sangat baik."

"Saya memang pensiun, tetapi hal itu tidak berarti bahwa itu adalah akhir hidup saya dengan klub. Sekarang saya  akan dapat menikmati untuk menonton mereka daripada menderita bersama mereka."

"Namun, apabila anda berpikir tentang beberapa hal, seperti gol-gol pada menit akhir dan comebacks yang meski terkadang berujung pada kekalahan, itu semua adalah bagian dari klub sepak bola besar kita. Itu sungguh pengalaman yang sulit dipercaya untuk kami, terima kasih untuk itu."

"Saya juga ingin mengingatkan anda bahwa kami juga memiliki momen-momen buruk di sini, tetapi klub selalu berdiri untuk saya, seluruh staf berdiri untuk saya, dan para pemain berdiri untuk saya. Tugas anda sekarang adalah berdiri dan mendukung manajer baru kita. Itu adlaah hal yang penting."

"Sebelum saya mulai kehabisan kata-kata, saya ingin memberi penghargaan kepada Paul Scholes, yang juga pensiun hari ini. Dia adala pemain yang luar biasa. Salah satu pemain terbesar di klub ini dan akan selalu seperti itu."