Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

India Ingin Buat Kejutan di Malaysia

By Tulus Muliawan - Rabu, 15 Mei 2013 | 19:17 WIB
Saina Nehwal, masih jadi tumpuan utama India. (Ben Stansall/AFP/Getty Images)

Tim bulu tangkis India mengaku sedang dalam semangat yang tinggi untuk menghadapi Indonesia dan Cina di babak penyisihan di Grup A Piala Sudirman, yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, akhir pekan ini.

Meski tidak diunggulkan, India yakin akan mampu memberi perlawanan yang sengit terhadap Indonesia dan Cina di ajang yang berlangsung 19-26 Mei tersebut.

Menurut pelatih kepala tim India, Pullela Gopi Chand, tim India termotivasi dengan keberhasilan pemain putri mereka, P.V. Sindhu,  yang menjuarai Malaysia Grand Prix Gold, beberapa pekan lalu.

Gopi Chand yang pernah menjuarai All England semasa menjadi pemain mengatakan, kelemahan utama India adalah di nomor ganda.  Ia mengaku sedang mencoba berbagai varian untuk menemukan ganda yang cocok.

"Kami harus mampu menemukan pelatih berkualitas terutama di nomor ganda. Selama ini kami mencarinya dari Indonesia. Namun kami harus mengangkat pelatih kami di tingkat dunia," ujar Gopi Chand

Untuk mencari pemain ganda baik putra, putri, maupun campuran, asosiasi bulu tangkis India akan gencar melangsungkan turnamen untuk kategori ini.

"Ini akan membantu para pemain untuk selalau siap dan memudahkan para pelatih untuk mencari persediaan pemain untuk mencari pasangan yang lebih cocok," lanjut Gopi Chand.

Berikut adalah skuad India di Piala Sudirman 2013:

Putra
Kashyap Parupalli, Anand Pawar, Akshay Dewalkar, Pranav Jerry Chopra, Tarun Kona, Arun Vishnu.

Putri
Saina Nehwal, P.V. Sindhu. Ashwini Ponnappa, Pradnya Gadra, Aparna Balan, Sikki Reddy.

Laporan Kompas.com/A. Tjahjo Sasongko