Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pulau Jawa, Tempat Favorit Liburan Maria Sharapova

By Tulus Muliawan - Rabu, 15 Mei 2013 | 19:37 WIB
Cover majalah Conde Nast Traveller Russia menampilkan dokumentasi liburan Sharapova ke Jawa. (Mariasharapova.com)

Petenis cantik asal Rusia yang kini menempati peringkat dua WTA, Maria Sharapova, memilih Pulau Jawa sebagai tempat liburan favorit. Kunjungannya ke Jawa diabadikan menjadi sebuah cerita di majalah wisata Conde Nast Traveller Russia, edisi Maret lalu.

"Indonesia adalah negara eksotis dengan cuaca yang panas, budaya kuno, makanan enak, dan masyarakatnya ramah," kata Pemimpin Redaksi Conde Nast Traveller Russia, Alla Beliakova, di Moskwa, Rabu (15/5).

Majalah ini mengangkat perjalanan petenis yang tinggal di Florida, Amerika Serikat, tersebut ke Candi Borobudur dan Prambanan. Kisah ini jadi berita utama sepanjang 14 halaman. Sampul majalah ini memasang foto Sharapova mengenakan baju etnik Jawa dengan judul "Indonesia dan Maria Sharapova".

“Tempat-tempat di Jawa ini dipilih sendiri oleh Sharapova sebagai alternatif dari Bali yang sebelumnya dia kunjungi. Dia memilih Indonesia dan mencoba baju-baju dari koleksi busana musim semi," kata Alla yang didampingi Dubes RI untuk Rusia, Djauhari Oratmangun.

Selama kunjungan di Jawa dan melakukan pemotretan, Maria tinggal di Hotel Aman, di mana dia merasakan kesunyian yang damai, aman, dan nyaman.

Di Jawa, Sharapova memiliki program budaya, kunjungan ke Candi Borobudur dan Prambanan, serta di Moyo hanya akan berbaring di pantai. Perjalanan ini tidak mudah karena tiga hari sebelum keberangkatan, dia ikut sebuah turnamen di Istanbul, dan setelah itu ke Praha, Ceko.

"Saya sudah terbiasa dengan penerbangan. Untuk antarturnamen di Eropa, biasanya saya menggunakan pesawat pribadi. Tapi kalau jaraknya jauh, memakai penerbangan komersial. Saya suka terbang, telepon tidak menyala dan tidak ada surat elektronik. Saya dapat membaca, mendengarkan musik, atau tidur," tutur Sharapova.

Laporan Kompas.com/Pipit Puspita Rini