Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lilian Thuram Puji Kualitas Antonio Conte

By Oka Akhsan M. - Kamis, 16 Mei 2013 | 18:14 WIB
Lilian Thuram (Josep Lago/Getty Images)

Eks bek tim nasional Prancis, Lilian Thuram, melontarkan pujian untuk allenatore Juventus, Antonio Conte. Menurut Thuram, Conte memiliki semua karakter yang dibutuhkan untuk menjadi pelatih kelas dunia.

Sejak ditunjuk sebagai pelatih pada 2011, Antonio Conte sukses mengembalikan status Juventus sebagai raja Italia. Berkat tangan dingin Conte, I Bianconeri mampu meraih scudetto dua tahun secara beruntun.

"Dengan keberadaan Conte di kamar ganti, kalian tak membutuhkan banyak kata-kata. Ikuti saja segala instruksinya," kata Lilian Thuram kepada Tuttosport.

Thuram juga berkomentar mengenai rasisme usai insiden di laga AC Milan kontra AS Roma dalam lanjutan Serie A di San Siro, Minggu (12/5). Ia menyebut rasisme bukanlah sesuatu yang tak bisa dihilangkan dari sepak bola.

"Menurut saya, rasisme di Italia tak seburuk di tempat lain. Saya bahagia tinggal di sana. Saya banyak memiliki teman di Parma dan Torino dan kembali ke sana dengan senang hati," ujar Thuram.

"Rasisme bukan penyakit yang tak bisa disembuhkan. Yang dibutuhkan hanyalah edukasi. Segalanya bisa berubah dengan cepat. Hingga 1994 masih ada Apartheid di Afrika Selatan hingga muncul Nelson Mandela sebagai presiden," sebut Thuram.