Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Penghasilan Beckham Meroket Pasca Pensiun

By Ade Jayadireja - Senin, 20 Mei 2013 | 10:38 WIB
David Beckham (Getty Images)

Ada sejumlah pertanyaan muncul setelah keputusan David Beckham pensiun. Akankah penghasilannya menurun setelah dia tidak lagi aktif menjadi pesepa kbola profesional? Jawabannya ternyata tidak. Justru sebaliknya, kekayaan mantan bintang Manchester United dan Real Madrid itu bakal terus bertambah.

Seperti dilansir Forbes, David Beckham tahun lalu mencetak pendapatan hingga 50,6 juta dolar AS atau sekitar Rp 480 miliar. Gajinya yang sebesar 6,5 juta juta dolar AS di LA Galaxy membuat mantan kapten Inggris itu menjadi salah satu pemain sepak bola dengan gaji paling tinggi di dunia.

Saat memutuskan mengikat kontrak dengan Paris Saint Germain, Beckham memilih untuk menyumbangkan gajinya untuk badan amal. Namun begitu, pendapatannya masih terus menggunung, terutama yang datang dari ikatan kontrak dengan beberapa merek ternama dunia.

Beckham masih bisa mengumpulkan kekayaan hingga 44 juta dolar AS dimana 33 juta dolar AS berasal dari kesepakatan dengan Adidas, Breitling, Coty, H&M dan Sainsbury, yang akan terus berlanjut meski dia memutuskan pensiun.

Masih ada lagi keran pemasukan lain yang dipunya Beckham. Pada Maret 2013 kemarin Beckham menandatangani kesepakatan dengan Liga Super China dalam deal yang melibatkan uang bernilai jutaan dolar.

Pada April 2013 lalu, David Beckham juga menandatangani kontrak dengan penyedia layanan televisi satelit di Inggris BSkyB sebagai duta. Televisi milik Rupert Murdoch News Corp ini akan menampilkan David Beckham dalam mempromosikan jaringannya. Sebagai gantinya Becks akan mendapatkan 30 juta dolar AS selama lima tahun.

David Beckham kurang lebih akan mendapatkan lagi pendapatan hingga 40 juta dolar AS pada tahun ini dan berikutnya. Seluruh jumlah pemasukan yang dia terima masih akan membuatnya berdiri sejajar dengan dua superstarlapangan hijau saat ini yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Dengan sosoknya yang unik, Beckham malah disebut masih akan punya daya jual hingga 20 tahun dari sekarang. Itu artinya masih akan ada jutaan dolar lain yang mengalir ke rekeningnya, meski kehidupannya sudah tak lagi berada di sekitar lapangan hijau.

Pemasukan Beckham diyakini bakal bertambah setelah dia memutuskan untuk pensiun. Dengan tidak lagi disibukkan oleh aktivitas pertandingan dan latihan, Beckham disebut bisa lebih fokus mengembangkan brand bikinannya sendiri, termasuk meladeni kontrak-kontrak yang bakal terus berdatangan.

Laporan Tribunnews.com/Husein Sanusi