Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Liliyana/Nitya Gagal Bawa Indonesia ke Semifinal

By Tulus Muliawan - Kamis, 23 Mei 2013 | 15:46 WIB
Yu Yang/Wang Xiaoli, menjadi penentu kemenangan Cina atas Indonesia. (Ben Stansall/AFP/Getty Images)

Semangat juang tinggi ditunjukkan pasangan ganda putri dadakan, Liliyana Natsir/Nitya Krishinda, di partai penentuan melawan Yu Yang/Wang Xiaoli. Sayangnya, nasib baik belum memihak Indonesia. Liliyana/Nitya takluk di tangan Yu/Wang, dan gagal melangkah ke semifinal.

Permainan cepat ditampilkan kedua pasangan di awal gim pertama. Keduanya sama-sama bersaing ketat dalam perolehan angka. Sebagai pasangan baru, Liliyana/Nitya tak terlihat ragu meladeni perlawanan Cina.

Cina yang mengandalkan smash tajam dan menyilang berulang kali menyulitkan Indonesia. Namun, Liliyana/Nitya tak gentar, mereka mampu meredam permainan cepat Cina dengan pertahanan yang tangguh.

Cina yang tampil lebih agresif memaksa Indonesia tertinggal jauh 6-10. Juara All England 2013 itu juga mampu menutup gim pertama dengan skor meyakinkan, 21-12.

Pada gim kedua, Indonesia tampil lebih percaya diri. Permainan taktis Liliyana/Nitya mampu menyulitkan Cina. Tim merah Putih memenangi interval 11-7.

Cina yang punya stamina lebih baik berhasil balik unggul 15-13. Indonesia punya harapan besar saat berhasil mengejar 19-19. Sayangnya, pukulan pendek Liliyana gagal melewati net dan jatuh di wilayah sendiri. Cina menang 21-19 dan lolos ke semifinal setelah menundukkan Indonesia 3-2.