Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Platini Ingatkan Juventus Baru Raih 29 Scudetto

By Syamsul Arif - Jumat, 24 Mei 2013 | 17:20 WIB
Michael Platini (NIKOLAY DOYCHINOV/AFP/Getty Images)

benar meraih Scudetto ke-30-nya.

Juventus memang berhasil menjuarai Serie A 2012/13. Akan tetapi, perhitungan total gelar juara Serie A yang ditorehkan Juventus memang menimbulkan kontroversi tersendiri, terutama dikalangan para pendukung.

Pihak I Bianconeri selalu menganggap bahwa mereka telah memenangi 31 Scudetto, termasuk dua Scudetto pada musim 2004/05 dan 2005/06 yang dibatalkan lewat pengadilan karena La Vecchia Signora dinilai terlibat Skandal Calciopoli.

Namun, FIGC dan FIFA tetap menghitung Juventus baru meraih 29 Scudetto. Senada dengan kedua organisasi itu, UEFA melalui sang presiden, Michael Platini, pun mengingatkan mantan timnya itu bahwa Juventus baru memenangi 29 Scudetti.

"Saya mengerti bahwa para pendukung tengah jatuh cinta kepada Juventus dan tidak ingin kehilangan dua Scudetto dengan cara seperti itu," kata Platini kepada Sky Sport Italia.

"Itu adalah anggapan para pendukung, tetapi selanjutnya ada sistem peradilan dan aturan tertentu yang akhirnya mengambil dua Scudetto dari mereka. Kita harus selalu berpihak kepada keadilan."

"Juventus telah membayar itu semua dan saya yakin dalam waktu dekat mereka akan benar-benar meraih Scudetto ke-30 dan 31."

"Saya pikir di tingkat internasional dan nasional, FIGC dan Lega Calcio telah memiliki jumlah Scudetto yang benar untuk masing-masing tim. Presiden Juventus, Andrea Agnelli, telah salah dalam menghitung jumlah Scudetto."