Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Performa Rafid Topan Mulai Membaik

By Eky Rieuwpassa - Jumat, 24 Mei 2013 | 19:32 WIB
Rafid Topan Sucipto (QMMF)

24 pada seri 4 Moto2 2013 yang berlangsung di sirkuit Le Mans, Prancis, akhir pekan lalu, Topan menunjukan peningkatan kemampuan secara bertahap.

Pada tiga seri sebelumnya pebalap yang disponsori Ban Zeneos dan Evalube ini selalu finis diposisi belakang.

Rafid Topan Sucipto yang membela QMMF Racing Team ini sebelumnya memiliki catatan waktu 1 menit 52 detik yang membuatnya berada di urutan 25 saat sesi warm up (Pemanasan) Moto2 di sirkuit Le Mans, Prancis, dengan kondisi trek tidak normal alias basah, karena hujan mengguyur Le Mans.

Balapan seri keempat Moto2  yang dijadwalkan 26 race, diputuskan untuk berhenti di race ke 24 karena hujan. Balapan yang berlangsung di lintasan basah itu akhirnya menyingkirkan delapan pebalap akibat terjatuh, termasuk peraih pole position, Takaaki Nakagami yang saat itu sedang memimpin. Begitu juga dengan Pol Espargaro dan Esteve Rabat juga termasuk pebalap yang sial dan terjatuh berbarengan.

Dalam kondisi yang sulit dan temperatur dingin serta sebagian trek basah, dua pebalap QMMF Anthony West dan Rafid Topan Sucipto berhasil menyelesaikan balapan Moto2 seri keempat di Sirkuit legendaris Le Mans, Perancis.

Raihan inilah yang membuat Topan dan Tim QMMF sedikit berbangga karena mengingat sulitnya sirkuit yang basah serta cuaca yang lembab dibutuhkan adaptasi dengan ban agar tidak kehilangan cengkraman (grip) saat lomba.

“Mengawali balapan dengan cukup bagus, memang memunculkan harapan untuk tampil kompetitif. Tetapi ketika ada pebalap lain yang terjatuh di tikungan keempat, saya harus menghindar dan akhirnya ikut terjatuh ketika menghindari insiden tersebut. Untungnya kondisi motor masih baik dan saya dapat melanjutkan balapan hingga finis,” ujar Topan.