Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Boniek Yakin Lewandowski Layak Untuk Barcelona

By Verdi Hendrawan - Jumat, 24 Mei 2013 | 23:41 WIB
Zbigniew Boniek (Alex Grimm/Getty Images)

Legenda sepak bola Polandia, Zbigniew 'Zibi' Kazimierz Boniek atau Zibi Boniek, mengatakan bahwa striker utama Borussia Dortmund yang juga berasal dari Polandia, Robert Lewandowski, merupakan pemain yang sangat layak untuk dapat berseragam Barcelona.

Robert Lewandowski yang berhasil mencetak empat gol ke gawang Real Madrid pada leg pertama Semifinal Liga Champion, merupakan salah satu bukti dari ketajaman striker berusia 24 tahun itu.

Meskipun kini Lewandowski menjadi incaran Real Madrid dan Bayern Munchen, namun bagi Zibi Boniek, Lewandowski merupakan pemain yang sangat layak dan pas bagi Barcelona.

Boniek yang merupakan mantan pemain AS Roma juga sempat meminta mantan klubnya itu untuk membelinya saat masih bermain bagi Lech Poznan yang ia percaya harganya saat itu masih sebesar 1,5 juta euro. Namun klub ibu kota Italia itu mengabaikan usulan dirinya begitu saja.

"Robert Lewandowski adalah pemain Barcelona, ia memiliki banyak kualitas dan karakter untuk bermain bersama monster-monster lainnya seperti (Lionel) Messi, Xavi (Hernandez) dan (Andres) Iniesta," kata Boniek kepada Football Espana.

"Selain mampu mencetak gol, dia memiliki 'hidung' (mencium adanya peluang) untuk mencetak gol, saya jamin itu,"

"Ketika Lewandowski berada di Lech Poznan, saya sempat menelepon teman-teman saya di Roma dan mengatakan kepada mereka untuk terbang menggunakan pesawat pertama ke Polandia, untuk mendapatkan Robert, yang akan dijual hanya dengan 1,5 juta euro, namun mereka hanya mengabaikan saya," ujar Boniek.