Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persepam Kalah Kualitas Pemain dari Arema

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 27 Mei 2013 | 04:58 WIB
Indonesia Super League

2 Persepam Madura United (MU) dari tim tamu Arema Indonesia diakui pelatih Daniel Roekito lantaran Zainal Arif cs. memang kalah kualitas pemain. Dalam laga lanjutan Indonesian Super League (ISL) yang digelar di Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Minggu (26/5).

"Kualitas sudah jelas kalah. Tapi secara permainan kami tidak kalah. Hanya passing salah terus, itu yang menjadi masalah," ungkap Daniel Roekito usai laga.

Ia menilai, perombakan sejumlah komposisi tim di tengah kompetisi sangat tidak menguntungkan bagi anak asuhnya. "Artinya, tidak mudah menggabungkan kultur permainan antara pemain asing dan lokal dalam waktu yang singkat," jelasnya.

Dalam laga itu, tampak kekompakan antarlini PMU masih di bawah harapan. Lini depan Persepam MU yang diisi Zainal Arif dan pemain anyar Emile Linkers belum padu. Terlebih kerativitas kuartet lini tengah yang dikomando N'Kong Alain belum maksimal. "Sehingga suplai bola ke lini depan selalu salah. Tapi kompetisi masih panjang," pungkasnya.

Arema mampu meraup poin penuh di laga kandang berkat dua gol yang diciptakan oleh pemain belakang Hasim Kipuw dan Christian Gonzales. Gol Hasim Kipuw tercipta melalui tendangan bebas dari jarak 35 meter. Bola mengalir deras melewati pagar betis dan gagal dijangkau kiper PMU Alvonsius Kelvan.

Sementara gol Christian Gonzales tercipta berkat crossing sayap kiri Arema Cronous, Budi Wahyudi yang berhasil melakukan solo run melewati pemain belakang tuan rumah.

"(Christian) Gonzales dan Greg (Nwakolo) selalu bergantian naik turun membantu lini tengah kami. Ternyata strategi itu berjalan efektif," ujar Pelatih Rahmad Darmawan.

Ia mengakui sangat terbantu dengan kondisi lapangan SGB yang ideal bagi timnya untuk menerapkan kombinasi passing. "Kami mampu bermain efektif dan bisa mengontrol permainan. Secara keseluruhan, saya menikmati game hari ini. Terpenting kita meraih tiga poin di laga kandang," jelasnya.

Disinggung rekrutmen pemain baru, Edmar Garcia, Rahmad Darmawan masih belum memastikan kapan bisa diturunkan. "Sudah kita urus dan didaftarkan administrasinya. Itu (administrasi) bisa lama bisa juga cepat," jelasnya.

Namun, lanjutnya, Edmar Garcia sudah mulai bergabung dalam latihan bersama Greg Nwokolo Cs. "Saya juga belum bisa memastikan apakah bisa diturunkan melawan Persib di laga berikutnya," tandasnya.

Laporan Tribunnews.com