Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pirelli Uji Coba Desain Baru

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 30 Mei 2013 | 13:43 WIB
Desain Anyar Pirelli, Diharapkan Manjakan Pembalap (guardian.co.uk)

Perusahaan resmi pemasok ban Formula 1, Pirelli, mengumumkan akan mencoba desain baru pada sesi latihan Grand Prix Kanada, Jumat (7/6). Hal itu dilakukan karena banyaknya keluhan dari para konstruktor bahwa desain ban yang sekarang kerap membuat pembalap kehilangan momen.

Pirelli berharap dengan peluncuran ban dengan desain terbaru mereka itu, para pembalap yang menggunakan produknya, tidak lagi ke pit stop hingga tiga kali dan dapat meminimalisir kecelakaan yang disebabkan oleh ban.

"Tujuan dari desain baru ban kami adalah untuk memperlambat penipisan pada permukaan ban," kata perwakilan Pirelli dalam sebuah pernyataan.

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, dan pembalap Force India, Paul di Resta, yang terkena imbas 'delaminasi' atau penipisan permukaan ban seperti yang disebutkan perwakilan perusahaan yang juga menjadi sponsor utama FC Internazionale tersebut.

"Akan tetapi, karakteristik dan performa yang dihasilkan tidak berbeda jauh, ban kami desain dengan tetap mempertahankan keunggulannya," tambah dia.

Ban dengan desain teranyar keluaran Pirelli tersebut baru akan resmi digunakan untuk pertama kalinya di Grand Prix Inggris, Minggu (30/6).