Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Meksiko Laporkan Mallorca ke FIFA

By Verdi Hendrawan - Jumat, 31 Mei 2013 | 02:44 WIB
Giovani dos Santos (Julian Finney/Getty Images)

Mallorca yang menolak untuk melepaskan gelandangnya, Giovani dos Santos, untuk bergabung bersama tim nasional Meksiko, kini berbuntut penjang. Meksiko dikabarkan telah melaporkan Mallorca ke FIFA atas tindakannya itu.

Meksiko yang akan menghadapi Jamaika dalam Kualifikasi Piala Dunia pada Rabu, (5/6) dini hari WIB, meminta Mallorca untuk mengizinkan salah satu anggota timnya untuk dapat bergabung dalam mempersiapkan tim nasionalnya.

Namun keberatan yang ditunjukkan oleh Mallorca untuk melepas Giovani dos Santos karena mereka masih memiliki satu pertandingan lagi yang sangat krusial bagi mereka untuk dapat bertahan di La Liga pada musim 2013/14, membuat Mallorca menolaknya.

Meksiko yang tidak simpatik kepada apa yang dilaukan oleh Mallorca melaporkan hal ini kepada FIFA sebagai induk tertinggi sepak bola di dunia untuk mau membantu agar Giovani dapat bergabung bersama timnya. Hal ini diutarakan oleh Ketua Federasi Sepak Bola Meksiko, Hector Gonzalez.

"Kami telah mengirim panggilan keluar pada waktu yang tepat, sejak 17 Mei. Hal ini jelas kami lakukan karena pada 4 Juni adalah saatnya bagi kami untuk melakukan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia," tutur Gonzalez kepada Football Espana.

"Saat memainkan pertandingan kualifikasi, anda memiliki hak untuk mendatangkan pemain anda empat hari sebelum pertandingan jika pemain tersebut berada di benua yang sama, atau lima hari jika datang dari benua lain. Dengan demikian maka hak kami untuk mendatangkan pemain adalah pada Jumat ini,"

"Kami telah melaporkan hal ini kepada FIFA, dan tampaknya FIFA akan melakukan intervensi melalui telepon dan melayangkan surat lain kepada mereka bahwa itu akan menjadi sebuah pelanggaran aturan untuk tidak melepaskan pemain,"

"(Andres) Guardado dan (Javier) Aquino yang juga berada di Spanyol dan juga akan bermain untuk hal-hal penting bagi klub mereka, kini mereka sudah bergabung. Saya mengerti posisi Mallorca, mereka akan bermain untuk segalanya akhir pekan ini, saya mengerti tekanan yang mereka rasakan, tapi kami tidak akan menerima ini semua dan semoga hal ini dapat diselesaikan pada hari Kamis dan Gio datang ke sini selambat-lambatnya pada Jumat,"

"Valencia (untuk Guardado) dan Villarreal (untk Aquino) telah sepakat, memahami sangat memahami dan melepaskan pemain mereka untuk meninggalkan Spanyol sedikit lebih awal untuk menghindari jet lag dan perubahan iklim. Bila Gio akan tiba pada hari Jumat dan memiliki empat hari untuk pulih.

"Perjuangan mereka untuk mempertahankan Gio dapat dimengerti, tetapi pada akhirnya mereka harus memahami bahwa ada peraturan dan harus dihormati.

"Peraturan yang jelas, jika Gio bermain dan mereka menang atau bermain imbang, poin akan dikurangi dan akan ada sanksi ekonomi lainnya yang juga cukup besar, tetapi yang terburuk adalah bahwa poin mereka akan dikurangi," ungkap Gonzalez.