Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Seleksi SEA Games Diawali di Yogyakarta

By Ario Yosia - Selasa, 4 Juni 2013 | 00:30 WIB
Rahmad Darmawan, mulai seleksi pemain buat SEA Games. (Peksi Cahyo/BOLA)

23 SEA Games Myanmar 2013 dimulau. Rombongan 32 pemain seleksi tahap pertama tiba di Yogyakarta pada Selasa (4/6). Selanjutnya pada 5 hingga 8 Juni mereka akan menjalani seleksi spartan di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta.

Seleksi ini adalah tahap pertama dari tiga tahap yang direncanakan PSSI untuk menyaring skuad bayangan yang dipersiapkan tampil di SEA Games nanti. Secara keseluruhan, akan ada 67 pemain yang akan diseleksi selama periode Juni-Juli oleh pelatih kepala, Rahmad Darmawan.

Rahmad Darmawan sendiri menggeber sistem pelatnas buka-tutup. Di mana para pemain silih berganti bergabung mengikuti latihan pelatnas.

"Prinsipnya tidak ada pemain yang tak terganggu gugat. Jika ia tak bisa menujukkan perkembangan permainan setiap saat ia bisa diganti pemain lain. Pemain yang dicoret pun bisa kembali lagi bergabung jika menunjukkan grafik peningkatan performa di klubnya. Gambaran tim inti SEA Games akan mulai terbentuk pada bulan September nanti," kata sang pelatih Arema Indonesia tersebut

Rahmad Darmawan pun meminta para pemain yang tidak terpanggil di seleksi tahap pertama risau. "Proses seleksi masih panjang. Pemain yang tidak dipanggil bukan berarti tidak dibutuhkan. Pemanggilan pemain saya sesuaikan dengan agenda klub dan juga kompetisi," tutur pelatih asal Lampung itu.


Daftar Pemain Seleksi Tahap I Timnas U-23


Kiper: Adixi Lenzivio (Persija), Thomas Rian Bayu Hermawan (Persebaya), Muhammad Ridho (Persib), M Natsir (Arema).
Belakang: Ali Kumeidi (Persekap Pasuruan), Rahmat Latif (Mitra Kukar), Seftia Hadi (Mitra Kukar), Yericho Cristiantoko (Arema), Agus Hendrawan Durmaturia (Persiwa), Agus Nova Wiantara (Persires Bali), Agung Prasetiyo (PSMS ISL), Bayu (Persipasi), Syakir Sulaiman (Persiba), Ghozali Muharam (Pro Duta).
Tengah: Joko Sasongko, Dedi Kusnandar, Irsyad Maulana (Arema), Radiansyah (Persisam), Fandri Imbiri (Persipura), Daniel Siogoma Tata ( Persipura), Syaiful Indra Cahya (Persema), Hendra Adi Bayauw (Semen Padang), Muchlis Haay (Persidafon), Dani Saputra (PS Mojokerto Putra), Rasyid Assahid Bakrie (PSM), Engel Berd Sani (Arema), Manahatti Lestusen (CS Visse).
Depan: Johan Yoga Utama (Arema), Yandi Sofyan Munawar (Arema), Mario Albertho Albeikop (PSBS Biak), Agung Supriyanto (Persijap), Abdul Rahman Lestaluhu (CS Visse).