Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Perbedaan Highbury dan Emirates Bagi Ljungberg

By Verdi Hendrawan - Jumat, 7 Juni 2013 | 03:43 WIB
Freddie Ljungberg (Phil Cole/Getty Images)

Mantan gelandang Arsenal, Freddie Ljungberg, kini tengah berada di Jakarta dalam rangkaian promo acara kedatangan The Gunners ke Indonesia. Saat ditemui dan diwawancarai di GOR Bulungan, Jakarta, pada Kamis (6/6) oleh BOLA, mengenai perbedaan suasana bermain di Highbury dan Emirates Stadium, Ljungberg mengatakan bahwa yang menjadi perbedaannya hanyalah kemeriahannya.

Permainan Arsenal yang dari waktu kewaktu terus menurun dan tidak secepat dibandingkan saat mereka masih bermain di stadion Highbury, bisa jadi menjadi salah satu penyebab kemunduran prestasi The Gunnres belakangan ini.

Highbury yang merupakan stadion yang memiliki ukuran lapangan terkecil dalam standar aturan yang diterapkan FIFA, bisa jadi merupakan salah satu penyebab keberhasilan Arsenal menjadi tim dengan permainan tercepat dan terindah di muka bumi.

Namun menurut Freddie Ljungberg, yang menjadi perbedaan dari kedua stadion itu hanya lah suasananya. Meskipun ia sidah lama tidak bermain lagi bagi Arsenal, namun ia merasa bahwa suasana di Highbury jauh meriah dan lebih berisik dibandingkan dengan Emirates Stadium.

"Kami terus mengembangkan dan membiasakan diri untuk bermain stadion baru. Namun berbicara mengenai Highbury, dimana banyak orang saat ini yang telah mengunjunginya selama 20-30 tahun terakhir, mengatakan bahwa atmosfer di sana jauh lebih meriah," ujar Ljungberg kepada BOLA.

"Meskipun kini suasana di Emirates selalu lebih meriah dari waktu kewaktu, namun masih lebih ringan dibanding suasana di Highbury. Perbedaannya hanya itu. Meskipun saya sudah tidak bermain selama beberapa tahun terakhir, namun bermain di Highbury jauh lebih meriah dan berisik," katanya.