Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jose Mourinho Tak Jamin Posisi John Terry

By Ade Jayadireja - Sabtu, 8 Juni 2013 | 10:49 WIB
Jose Mourinho (Getty Images)

Kedatangan Jose Mourinho ke Chelsea tak lantas menjamin posisi John Terry sebagai bek utama. The Special One tidak ragu membangku cadangkan sang kapten jika tak mampu membuktikan kemampuannya di atas lapangan.

Semasa kepelatihan Rafael Benitez di Chelsea pada musim 2012/13, John Terry kerap menghangatkan bangku cadangan. Sang pelatih lebih mempercayakan sektor belakang kepada bek muda macam David Luiz dan Gary Cahill.

Jose Mourinho pun siap mengikuti tindakan Benitez. Jika Terry dinilai tidak memuaskan, Mou siap menurunkan pemain yang lebih bagus. Hal serupa pernah ia lakukan ketika mengganti kiper utama Real Madrid, Iker Casillas, dengan Diego Lopez.

"Saya seorang pelatih yang mencari meritokrasi. Siapa pun yang saya pikir terbaik, dia harus bermain tanpa memandang status atau masa lalu," kata Mourinho kepada program TV Punta Pelota.

"Sebagai contoh, normal bagi saya untuk meninggalkan Marco Materazzi di bangku cadangan Inter, atau seperti yang dilakukan Benitez tahun ini di Chelsea kepada Terry."

"Para fan bisa berpikir Iker Casillas lebih baik dari Diego Lopez. Saya menerima itu, tapi saya pelatih. Mereka bermain atau tidak, itu adalah masalah bagi pemain."

Saat masih menangani Chelsea pada periode 2004 hingga 2007, Jose Mourinho selalu mengandalkan John Terry di sektor pertahanan. Bahkan keduanya masih suka mengadakan kontak setelah si pelatih pindah ke Internazionale pada 2008.