Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Van Persie Bangga Ditunjuk Sebagai Kapten Belanda

By Kukuh Wahyudi - Sabtu, 8 Juni 2013 | 15:29 WIB
Robin van Persie (Peksi Cahyo/Bolanews)

Menang atas Indonesia dalam laga persahabatan di Stadion Utama Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (7/6), menjadi debut Robin van Persie menjadi kapten. Pelatih Louis van Gaal lebih memilih Van Persie dibandingakan pemain lainnya yang juga sebenarnya layak menjadi kapten.

Terdapat nama beken lainnya yang bisa menjadi opsi. Sebut saja Wesley Sneijder, yang telah berseragam oranye sejak 2003.

“Saya merasa terhormat. Hari senin kemarin pelatih (Van Gaal) menanyakan apakah saya bersedia menjadi kapten timnas. Saya sangat tersanjung, jadi saya menerimanya. Jabatan kapten ini untuk jangka waktu yang panjang,” ujar Van Persie seperti dilansir Soccerway.

Belanda berhasil menang dengan skor 3-0 atas Indonesia. Hasil tersebut jauh dari perkiraan banyak orang yang memprediksi berakhir dengan skor lebih besar. Pasalnya di rangking FIFA, peringkat kedua tim terpaut 165 peringkat. Belanda di posisi enam, sedangkan Indonesia ada di urutan 170.

Van Persie menilai faktor cuaca yang menentukan hasil akhir pertandingan tersebut. “Pertandingan sangat sulit karena cuaca panas dan membuat bernafas menjadi berat. Namun, menurut saya pemain tampil sangat baik," lanjut Van Persie.

Mantan kapten Arsenal yang kini berseragam Manchester United tersebut juga memberikan apresiasi atas atmosfer suporter di Indonesia.

"Suasana di Indonesia bagus, suporter bereaksi sangat antusias. Indonesia merupakan salah satu yang terbaik dari negara-negara yang pernah saya kunjungi," tutur Van Persie.

Kinerja striker berdarah Indonesia itu dipuji Louis van Gaal dalam menyandang ban kapten di laga perdananya. "Van Persie menjalankan tugasnya dengan baik. Ia memiliki kemampuan untuk menjaga keutuhan tim," ujar Louis van Gaal.