Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Thailand Siapkan Sirkuit F1 di Phuket

By Tulus Muliawan - Rabu, 12 Juni 2013 | 20:05 WIB
Mobil RB6 milik Red Bull terparkir di jalanan kota Bangkok akhir Mei 2013. (Getty Images)

Rencana Thailand untuk menggelar balapan F1 di jalanan Bangkok terhalang peraturan hukum. Akibatnya, panitia khusus persiapan Grand Prix Thailand tengah sibuk mempersiapkan tempat baru sebagai pengganti.

Tempat yang akan dijadikan alternatif pengganti Bangkok adalah Phuket. Kota di pesisir selatan Thailand itu dinilai sebagai tempat yang layak untuk dijadikan sebagai arena balapan mobil paling bergengsi di dunia.

Keputusan tersebut diambil oleh Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand menyusul aturan baru yang ditetapkan pemerintah Thailand. Peraturan baru tersebut melarang balapan dilakukan di Bangkok.

"Saya ingin memastikan bahwa Grand Prix Thailand tidak bisa digelar di Ratchadamnoen. Peraturan baru yang dibuat bulan lalu melarang perlombaan balap mobil digelar di Bangkok," ujar Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand, Somsak Pureesrisak, kepada Bangkok Post.

"Phuket mungkin akan menjadi alternatif yang ideal. Apalagi, kami juga tengah gencar melakukan promosi wisata. Kami masih punya waktu untuk mempersiapkan itu semua dengan matang," sambung Somsak.