Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Italia Pakai Skema 4-3-2-1 Kontra Meksiko

By Jaka Sutisna - Kamis, 13 Juni 2013 | 20:37 WIB
Cesare Prandelli (Getty Images)

3-2-1, saat melakoni laga perdana Piala Konfederasi menghadapi Meksiko, Senin (17/6) dini hari WIB. Akibat perubahan pola tersebut Stephan El Shaarawy terancam jadi cadangan karena Pelatih Cesare Prandelli hanya akan menempatkan Mario Balotelli sebagai striker tunggal.

Cesare Prandelli nampaknya ingin menampilkan hal yang baru di Piala Konfederasi 2013. Beberapa hari lalu Prandelli juga sempat kembali mencoba formasi lama, 4-3-3, ketika bermain imbang 2-2 dengan Haiti di laga uji coba. Padahal Prandelli sebelumnya selalu menerapkan skema 4-3-1-2.

Dalam latihan Rabu (12/6), Prandelli intensif mencoba pola 4-3-2-1. Gianluigi Buffon tetap menjadi kiper utama, sedangkan empat bek sejajar diisi Ignazio Abate di kanan, Leonardo Bonucci, dan Andrea Barzagli di tengah, dan Mattia Di Sciglio di kiri.

Akan tetapi, ada satu dilema yang dialami Prandelli, yaitu mengenai posisi Giorgio Chiellini. Prandelli masih bingung apakah akan menempatkan Chiellini sebagai bek sentral menggantikan Bonucci atau sebagai fullback kiri menggeser De Sciglio.

Sementara itu, lini tengah Italia diisi oleh trio Daniele De Rossi, Andrea Pirlo, dan Riccardo Montolivo. Lalu Claudio Marchisio dan Emanuele Giaccherini atau Alberto Aquilani akan menjadi gelandang serang kembar untuk membantu Mario Balotelli yang akan menjadi striker tunggal.