Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hasil Kongres Biasa PSSI

By Kukuh Wahyudi - Selasa, 18 Juni 2013 | 01:43 WIB
PSSI

La, Surabaya, telah berakhir. Beberapa keputusan juga telah ditepakan oleh peserta kongres.

“Alhamdulillah, kita hari ini selesai melaksanakan Kongres yang bisa dikatakan sangat bersejarah. Pasalnya, kita bersyukur, sejak suksesnya KLB di Jakarta dan PSSI telah kembali bersatu. PSSI telah mulai meletakkan pondasi reformasi tata kelola organisasi menuju ke arah yang lebih baik dari sebelumnya," papar Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin, di situs Liga Indonesia.

Kongres ini juga dihadiri perwakilan FIFA, Marco Leal (Head of Member Association) dan Jay Singh Mutia (Department Office of Kuala Lumpur) dan perwakilan AFC, Sanjeevan Balasing (Director of Member of Association AFC).

Berikut hasil keputusan Kongres Biasa PSSI 2013:

1. Mengukuhkan empat Anggota Exco PSSI, Zulfadly, La Siya, Hardi Hasan dan Djamal Aziz.

2. Sesuai dengan statuta PSSI Pasal 30 ayat 2, pada Kongres Tahunan 2013 ini menunjuk 3 orang Scrutineers (Pengawas Pemilihan), yakni Mokhamad Hilman (Martapura FC), Thamrin Sagala (Persipura), Lukman Setiawan (KSB Sumbawa Barat). Sedangkan untuk Pengawas Notulen, ditunjuk Amir Burhanuddin (Pengprov Jatim) dan Ferry Paulus (Persija Jakarta).

3. Kongres menerima Laporan Kegiatan PSSI 2011-2012 yang telah disampaikan Ketum PSSI.

4. Kongres juga menerima Laporan Keuangan  PSSI 2011/2012, yang dipaparkan oleh bendahara PSSI, Husni Hasibuan.

5. Kongres memutuskan untuk memberhentikan Lima anggota Exco PSSI, Tuty Dau, Mawardi Nurdin, Widodo Santoso, Bob Hippy, Sihar Sitorus dan 1 Wakil Ketua Umum PSSI, Farid Rahman. Keputusan itu diambil berdsarkan tindakan keenam orang itu saat Kongres Luar Biasa PSSI, 17 Maret 2013, dan tindakan pemalsuan tanda tangan.

“Sebelum diambil keputusan, Kami telah mempersilakan kepada ke-enam anggota Komite Eksekutif terhukum untuk menyampaikan pembelaan atas keputusan yang diterima. Namun, mereka tidak hadir,” tutur Djohar Arifin.

6. Konsekuensi dari dicopotnya 6 anggota Exco PSSI, maka posisinya menjadi lowong. Oleh karena itulah, dibentuk Komite Pemilihan dengan anggota yang telah diputuskan oleh Exco PSSI, yakni : Dhimam Abror, Agus Santoso, Dwi Irianto, Maurice Tuguis, H. Hidayat, Ferdinand Hindiarto, Max Boboy, Ashari Rangkuti , Wardi Azhari Siagian. Selain itu diputuskan juga anggota Komite Banding Pemilihan, yakni : Muhammad Muhdar, Debby Kurniawan, Arif Budi Santoso, Putra Wirasane, Budi Irawan.