Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ryan Giggs Ingin Pensiun Dua atau Tiga Tahun Lagi

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 24 Juni 2013 | 18:33 WIB
Ryan Giggs (Getty Images)

rekan setimnya di Manchester United pergi berlibur, Ryan Giggs justru tengah berada di Turki untuk menyelesaikan kursus kepelatihannya. Kepada Marca , dia pun berbagi cerita mengenai rahasia kesuksesannya hingga rencananya usai pensiun sebagai pemain.

Giggs mengakui kariernya sebagai pemain tak akan bertahan lama lagi. Pemain yang berusia hampir 40 tahun itu sadar dalam waktu dekat akan segera gantung sepatu.

"Ya, itu memang sudah amat dekat. Kebanyakan karier pemain biasanya berakhir pada usia 34 atau 35 tahun," ungkap Giggs.

Kendati begitu, dia sendiri belum memutuskan karier apa yang bakal dilakoninya setelah gantung sepatu. Sejumlah opsi tersaji untuknya.

"Aku masih belum memutuskan apa yang ingin kulakukan saat pensiun nanti. Pelatih, menangani pemain muda, atau menjadi seorang manajer - siapa yang tahu. Aku hanya ingin menyiapkan diri dengan lebih baik. Aku akan memutuskan dalam dua atau tiga tahun ke depan," lanjutnya.

Sementara mengenai segudang raihannya selama 23 tahun bermain di level top, Giggs pun berbagi rahasia. "Itu perpaduan banyak hal. Pertama kerja keras, lalu ditangani manajer hebat untuk waktu yang begitu lama, juga dikelilingi para pemain bagus," bebernya.

"Kamu juga harus menjaga tubuhmu dan kuat secara mental. Kamu harus termotivasi. Segala hal itu bisa memperpanjang kariermu," tutup dia.

Laporan Duniasoccer.com