Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Spanyol Lolos, Portugal Ditahan Imbang Korsel

By Okie Prabhowo - Selasa, 25 Juni 2013 | 03:18 WIB
Hyun Kim, rayakan gol ke gawang Portugal. (Getty Images)

20 di Turki telah dilakukan pada Selasa (25/6) dini hari WIB. Berdasarkan hasil yang diraih Spanyol dipastikan lolos ke babak 16 besar. Sementara itu, Portugal belum bisa dinyatakan lolos karena ditahan imbang Korea Selatan.

Spanyol dipastikan lolos setelah meraih kemenangan 1-0 atas Ghana. Gol tunggal yang terjadi dicetak Jese Rodriguez pada menit ke-13.

Hasil tersebut membuat Spanyol menduduki posisi puncak grup A dengan raihan enam poin. Sementara itu, Ghana harus tersingkir dari kompetisi setelah tidak meraih poin dalam dua laga yang telah dilakoni.

Di grup B laga sengit terjadi. Portugal ditahan imbang Korea Selatan dengan skor 2-2. Portugal unggul lebih dulu saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Korea Selatan membalas gol dan mengubah skor menjadi 1-1 pada menit ke-45. Babak kedua Bruma (60') kembali membuat Portugal unggul 2-1 tetapi Hyun Kim mengubah hasil akhir menjadi 2-2 pada menit ke-76.

Hasil yang diraih Portugal tersebut membuatnya berada di posisi teratas grup B dengan raihan empat poin. Untuk posisi runner up diduduki Korea Selatan dengan nilai yang sama tetapi kalah produktivitas gol dari Portugal. Nigeria juga masih memiliki peluang untuk lolos ke 16 Besar karena mengantongi tiga poin.