Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Masalah Guardiola di Munchen adalah Lionel Messi

By Verdi Hendrawan - Rabu, 26 Juni 2013 | 15:40 WIB
Ronald Koeman (Dean Mouhtaropoulos/Getty Imges)

Mantan bek tengah tangguh Barcelona asal Belanda, Ronald Koeman, yang kini menjadi pelatih klub Eredivisie, Feyenoord, memberikan tanggapan mengenai keberadaan Josep 'Pep' Guardiola yang saat ini menjadi pelatih anyar Bayern Munchen. Koeman menilai bahwa Guardiola akan mesulitan di Munchen karena tidak adanya sosok Lionel Messi di sana.

Josep Guardiola yang baru saja diresmikan untuk menjadi pelatih baru Bayern Munchen pada konferensi pers pertamanya bersama Die Bayern pada Senin (24/6), diperkirakan akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan permainan bersama tim barunya di Bundesliga.

Bagi Ronald Koeman, tim-tim di Bundesliga tidak memiliki pemain yang dapat menentukan hasil akhir pertandingan, seperti yang selama ini ditunjukkan oleh Lionel Messi di Barcelona dan Cristiano Ronaldo di Real Madrid. Hal itulah yang akan menjadi kendala dan sekaligus menjadi tantangan bagi kemampuan Guardiola bersama Munchen.

"Di Barcelona Pep memiliki Lionel Messi. Dia adalah tipe pemain yang bisa memenangkan pertandingan sendiri. Namun, di Bayern menurut saya tidak ada peman yang dapat melakukan hal seperti itu, meskipuin Pep telah mewarisi skuad yang besar dan juga telah membawa Mario Gotze," kata Koeman kepada De Telegraaf.

"Namun saya percaya melihat bagaimana Pep menjadi pelatih. Dia masih sangat muda ketika kami bermain bersama, tapi ia telah memiliki visi, semangat tim yang luar biasa, dan selalu berpikir hal-hal secara taktis," lanjut Koeman.