Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Stefano Borgonovo Wafat, Italia Gunakan Ban Hitam

By Okie Prabhowo - Jumat, 28 Juni 2013 | 00:44 WIB
Stefano Borgonovo (Vittorio Zunino Celotto/Getty Images)

Italia akan menggunakan ban hitam di lengan saat menghadapi Spanyol dalam Semifinal Piala Konfederasi di Estadio Governador Placido Aderaldo Castelo, Jumat (28/6) dini hari WIB. Gli Azzurri menghormati dan mengenang mantan pemain AC Milan, Stefano Borgonovo, yang meninggal dunia pada usia 49 tahun, Kamis (27/6).

Stefano Borgonovo memperkuat AC Milan rentang 1986-90. Ia hanya bermain sebanyak 13 kali dan mencetak dua gol. Paling banyak saat ia membela Como rentang 1981-86 dengan 63 kali bertanding dan 13 gol.

Mantan pemain tim nasional Italia pada 1989 tersebut menderita penyakit Amyotrophic lateral sclerosis (ALS). Ia pernah membuat otobiografi tentang dirinya yang berjudul "Born Striker" meski hanya dengan menggunakan pergerakan dari matanya untuk mengontrol komputer yang memiliki fungsi mengetik.

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, pernah menjadi rekan setim di I Rossoneri. Ancelotti menyebutnya penyerang yang tidak terlalu cepat tetapi sangat pintar.

Borgonovo sebelumnya pernah menulis surat kepada fifa.com tentang Il Diavolo. Ia mengatakan bahwa Milan tidak bisa berjalan tanpa kehadiran Silvio Berlusconi, Adriano Galliani, dan Massimiliano Allegri.