Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

F1 Perkenalkan Sistem Penalti Poin Musim 2014

By Oka Akhsan M. - Sabtu, 29 Juni 2013 | 17:04 WIB
Romain Grosjean (Alexander Klein/Getty Images)

Formula 1 akan memperkenalkan beberapa perubahan regulasi pada musim 2014. Selain mesin baru, World Motor Sports Council (WMSC) juga mengonfirmasikan penggunaan sistem penalti poin untuk pebalap.

Sistem penalti diperkenalkan menyusul banyaknya kecelakaan yang melibatkan pebalap muda dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Romain Grosjean (Lotus) dan Pastor Maldonado (Williams).

Meski pebalap yang ceroboh telah diberi sanksi, Grosjean tak boleh ikut satu balapan tahun lalu, tetapi sistem baru diperlukan untuk memberikan kejelasan hukuman bagi seluruh tim.

Dalam peraturan anyar ini, pebalap baru dilarang mengikuti balapan selanjutnya jika telah mengoleksi 12 poin. WMSC menyatakan pemberian poin tergantung kepada tingkat pelanggaran dan rekor si pebalap selama 12 bulan.

Tim-tim F1 menyebut sistem baru ini sangat diperlukan. Akan tetapi, para pebalap mungkin akan sedikit tertekan dengan sistem tersebut.

"Kalian bisa bayangkan bagaimana rasanya menjadi pebalap yang terancam tak boleh balapan di seri berikutnya. Meski sedikit kurang nyaman, namun kita lihat saja perkembangannya," kata Prinsipal Tim McLaren, Martin Whitmarsh, seperti dilansir Independent.

WMSC juga mengumumkan rencana dibolehkannya tes pramusim pada Januari. Dua lokasi yang kemungkinan akan menjadi tuan rumah adalah Abu Dhabi dan Bahrain.