Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persija Percaya Diri Hadapi Arema

By Kukuh Wahyudi - Minggu, 30 Juni 2013 | 09:29 WIB
Persija (Kukuh Wahyudi/Bolanews)

Sederet pemain bintang yang dimiliki Arema Indonesia tidak menciutkan nyali skuad Persija Jakarta kala bertandang ke Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (30/6). Skuat Macan Kemayoran mengandalkan kolektivitas tim yang semakin menanjak tajam di putaran kedua kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2012/13.

Pelatih Persija Benny Dollo mengakui kekuatan Arema yang kini memiliki pemain-pemain top Tanah Air. Namun menurutnya, sepak bola tidak hanya mengandalkan pemain bintang melainkan kolektivitas tim.

"Kami tahu mereka punya pemain top yang merata di semua lini seperti Greg Nwokolo, Cristian Gonzales, dan Beto Goncalvez. Tapi, kami bukan pengecut! Artinya, kami tidak pernah takut sedikitpun dengan nama besar pemain maupun tim," kata Benny Dollo

Bendol, begitu ia biasa disapa, mengaku telah mengantongi kekuatan dan kelemahan tim berjuluk Singo Edan itu. Dirinya yakin, pelatih Arema Rahmad Darmawan juga telah mengamati permainan Persija sejauh ini.

"Setiap tim pasti punya kelemahannya, termasuk Persija. Tapi, kita harus meyakini bagaimana mengangkat kelemahan yang ada, menjadi sebuah kekuatan itu sendiri," ungkap Bendol.

Di sepanjang putaran kedua, Persija terbilang lebih sukses dibandingkan Arema. Ismed dkk meraih enam kemenangan sekali kalah dan dua seri. Sementara Greg Nwokolo dkk hanya mengemas empat kemenangan dua kekalahan dan tiga imbang.

Persija kini berada diperingkat sembilan klasemen, sementara Arema di posisi empat kalah selisih gol dari rivalnya Persib Bandung. Mau tidak mau, Arema wajib menang jika tidak mau tertinggal dari Maung Bandung. Laga menghadapi Persija diakui sebagai tantangan berat bagi pelatih Arema, Rahmad Darmawan.

Tak meraih kemenangan di tiga laga terakhir membuat Arema 'terluka' lahir batin. Sementara Persija tengah memiliki motivasi berlipat usai mengandaskan Persita Tangerang lima gol tanpa balas.

"Ini adalah tantangan buat kita. Di satu sisi kita sedang membentuk permainan dan mental kita, sementara calon lawan adalah Persija yang sedang menanjak motivasinya," ujarnya.

Tekad Arema untuk meraih poin sekaligus bersaing mengejar posisi runner up bisa dibilang tak mudah. Apalagi tiga pemain, Greg Nwokolo, Munhar dan terbaru Thiery Gathuesi masih belum diketahui bakal tampil atau tidak karena sebelumnya sempat mengalami cedera.


Laporan Tribunnews.com