Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nico Rosberg Diduga Melanggar Bendera Kuning

By Oka Akhsan M. - Minggu, 30 Juni 2013 | 23:28 WIB
Nico Rosberg (Tom Gandolfini/Getty Images)

Pesta Nico Rosberg setelah memenangi Grand Prix Inggris, Minggu (30/6), harus tertunda. Federasi Otomotif Internasional (FIA) mengonfirmasikan pebalap Mercedes itu sedang diinvestigasi karena diduga mengabaikan bendera kuning.

Nico Rosberg menjadi yang tercepat dalam balapan yang penuh drama di Sirkuit Silverstone. Rosberg meraih kemenangan keduanya musim ini dengan finis 0,7 detik di depan Mark Webber (Australia).

Akan tetapi seperti dilansir Reuters, FIA meminta Rosberg dan perwakilan resmi Mercedes untuk melapor kepada steward lomba karena diduga tak memperlambat laju mobilnya ketika bendera kuning berkibar.

Jika terbukti melanggar dan terkena hukuman penalti, Rosberg terancam kehilangan kemenangannya dan turun ke posisi kedua atau lebih. Menurut pernyataan steward, Rosberg diduga melanggar regulasi yang mengharuskan pebalap melambat ketika bendera kuning berkibar di tikungan tiga sampai lima pada 14:06.

Dalam balapan tersebut tiga pebalap termasuk jagoan tuan rumah yang start dari pole position, Lewis Hamilton, mengalami pecah ban. Nasib sial juga dialami juara dunia, Sebastian Vettel, yang  harus menerima kenyataan gagal mengakhiri balapan ketika sedang memimpin di 10 lap tersisa karena mengalami kerusakan girboks.