Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Harga Para Pemain Bayern Munchen Meroket

By Zulfirdaus Harahap - Senin, 1 Juli 2013 | 05:55 WIB
Pendukung Bayern Munchen merayakan gelar treble (Lennart Preiss/Getty Images)

klub yang bermain di bawah naungan kompetisi Bundesliga. Hal ini menyebabkan harga sejumlah pemain yang berkarier di klub Jerman meroket.

Baru-baru ini surat kabar Jerman, Bild, bekerja sama dengan situs Transfermarkt.de. merilis daftar harga para pemain Bundesliga.

Menurut pimpinan situs Transfermarkt.de, Matthias Seidel, dalam posisi teratas pemuncak harga dimiliki oleh pemain baru Bayern Munchen, Mario Gotze dan Thomas Mueller. Kedua dibandrol dengan harga menembus 45 juta euro.

"Nilai harga Gotze sebenarnya bisa lebih tinggi dari 45 juta euro. Kalau saja dia tidak cedera, Gotze bisa menjadi pemain Jerman pertama yang nilainya mencapai 50 juta euro," kata Seidel.

Namun, beberapa pemain juga mengalami penurunan harga. Sebut saja Mario Gomez yang mengalami penurunan sebesar 7 juta euro dari 35 juta menjadi 28 juta euro akibat gagal menembus skuat utama FC Hollywood.

Kriteria penilaian pemain ini sendiri berpatokan pada hasil diskusi pengelola situs Transfermarkt.de. Aspek yang dinilai meliputi prestasi, usia, perbandingan dengan pemain yang memiliki posisi sama, serta sudut pandang penggemar dan pencitraan di hadapan media.