Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIA Panggil Pirelli Terkait Insiden Pecah Ban

By Tulus Muliawan - Senin, 1 Juli 2013 | 17:58 WIB
Lewis Hamilton, jdi salah satu korban Pirelli di Silverstone. (NIGEL RODDIS/AFP/Getty Images)

Federasi Otomotif Internasional (FIA) akan memanggil Pirelli terkait insiden pecah ban yang terjadi empat kali di Grand Prix Inggris, Minggu (30/6) malam WIB. Pirelli dipanggil untuk mengikuti rapat khusus pada Rabu (3/7).

Seperti diberitakan sebelumnya, empat insiden pecah ban terjadi di atas Sirkuit Silverstone. Keempat Insiden itu menimpa Lewis Hamilton, Felipe Massa, Jean-Eric Vergne, dan terakhir Sergio Perez.

Pirelli sebagai pighak yang paling bertanggung jawab atas insiden ini mendapat kritikan keras dari sejulah tim. Mereka meminta Pirelli untuk menjelaskan penyebab kejadian berbahaya ini bisa terjadi.

Meski mendapat kejaman dari sejumlah tim, Pirelli melalui direkturnya, Paul Hembery, belum ingin memberikan pernyataan resmi soal insiden tersebut. Produsen ban asal Italia itu mengatakan masih butuh waktu untuk mendalami masalah ini.

"Ini adalah sesuatu yang tak terduga.  Kami masih coba untuk menganalisis dan memahami ini lebih dalam, yang jelas semua insiden ini terjadi pada ban belakang sebelah kiri," ujar Hembery kepada Daily Mail.

"Jika kami sudah menemukan fakta dan memahami dan sampai ke inti masalah, kami akan segera mengambil langkah serius sebagai bentuk pertanggungjawaban kami," lanjut Hembery.