Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Atletico Harus Kembali Maksimalkan Pemain Muda

By Verdi Hendrawan - Jumat, 5 Juli 2013 | 03:03 WIB
Joaquin Peiro (Firo Foto/Getty Images)

Mantan pemain dan pelatih Atletico Madrid, Joaquin Peiro, kini mendesak manajemen Los Colchoneros untuk kembali membangun masa depan mereka melalui pengembangan pemain muda mereka. Hal ini dikarenakan Atletico adalah salah satu klub penghasil pemain muda terbaik di Spanyol yang telah menjadi identitas klub.

Atletico Madrid dipercaya kini tengah tertarik untuk lebih mengembangkan tim Cantera (tim junior) mereka di musim mendatang, yang merupakan tim yang berhasil melahirkan pemain seperti Fernando Torres dan David De Gea bagi tim.

Hal ini lah yang diinginkan oleh Joaquin Peiro agar Los Colchoneros dapat kembali hidup dan berkembang dari pembinaan pemain muda, seperti yang terjadi dalam beberapa musim yang lalu.

Peiro yang juga pernah menjadi pelatih Atletico Madrid, Malaga, dan menutup karier kepelatihannya bersama Real Murcia pada akhir musim 2003/04 yang lalu, mempercayai bahwa hal ini adalah identitas tim yang harus terus dijaga dan dikembangkan, agar tim dapat terus berkembang disaat permasalahan finansial menggangu klub.

"Membangun Cantera yang solid telah menjadi sukses besar tim ini di masa lalu. Atletico Madrid dengan sistem muda akan selalu memiliki pemain cadangan yang akan siap untuk membuat lompatan ke tim pertama, karena pasti ada pemain yang unggul dan dapat melakukan pekerjaannya dengan sangat baik," tutur Peiro kepada Football Espana.

"Dalam sejarah klub, Cantera telah berhasil memainkan peran yang paling mendasar. Cantera telah berhasil mencetak pemain hebat yang telah banyak membantu klub untuk dapat tetap berkembang di masa yang sulit secara ekonomi,"

"Identitas klub ini harus selalu dapat bekerja dengan Cantera, untuk melihat pemain dalam klub berkembang dan menjadi pemain tim pertama, itu adalah sesuatu yang harus dipertahankan," ungkap Peiro.