Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Roger Federer Turun ke Peringkat Lima ATP

By Oka Akhsan M. - Senin, 8 Juli 2013 | 20:12 WIB
Roger Federer (Tom Lovelock/Getty Images)

Hasil buruk di Wimbledon membuat peringkat Roger Federer di ranking ATP merosot. Federer kini berada di posisi kelima atau yang terendah dalam satu dekade terakhir.

Penyebab utama jatuhnya posisi Federer dari peringkat ketiga adalah kekalahan di babak kedua hanya berselang setahun setelah menjadi juara.

Federer terakhir kali berada di peringkat kelima pada 23 Juni 2003, dua pekan sebelum meraih titel pertama dari 17 gelar Grand Slam di Wimbledon.

Juara Wimbledon, Andy Murray, tetap bertahan di posisi kedua. Sementara itu, status sebagai petenis nomor satu dunia masih menjadi milik Novak Djokovic yang menjadi runner-up di Wimbledon.

David Ferrer yang melaju hingga perempat final naik ke peringkat ketiga, atau yang terbaik sepanjang karier. Sang kompatriot, Rafael Nadal, berada di posisi keempat.

Di bagian putri, Marion Bartoli yang memenangi Grand Slam pertama di Wimbledon naik dari posisi ke-15 ke peringkat ketujuh di ranking WTA terbaru. Serena Williams masih menjadi nomor satu meski kalah di babak keempat dari sang runner-up, Sabine Lisicki.