Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Taklukkan Irak 3-0, Ghana Raih Tempat Ketiga

By Okie Prabhowo - Sabtu, 13 Juli 2013 | 23:56 WIB
Para pemain Ghana, merayakan gol bersama suporter. (Getty Images)

20 setelah mengalahkan Irak di Turk Telekom Arena, Turki, Sabtu (13/7) WIB. Tiga gol Ghana dicetak Joseph Attamah, Ebenezer Assifuah-Inkoom, dan Frank Acheampong.

Ghana unggul pada menit ke-35 melalui tandukan kepala Joseph Attamah. Gol tercipta berawal dari sepak pojok Moses Odjer yang memberi umpan lambung lalu disambut oleh Attamah dengan sundulan ke arah gawang.

Ghana menambah lagi jumlah gol sebelum jeda pertandingan. Ebenezer Assifuah-Inkoom (45+1) yang mendapat bola dari kesalahan antisipasi pemain Irak, langsung menggiringnya ke dalam kotak penalti. Pemain berusia 20 tahun itu melesakkan tendangan keras dan bola ditempatkan di pojok kanan bawah gawang yang dijaga kiper Mohammed Hameed. Hingga laga babak pertama usai skor 2-0 untuk keunggulan Ghana.

Babak kedua Ghana menambah gol pada menit ke-78 melalui torehan Frank Acheampong. Umpan terobosan yang dilakukan Clifford Aboagye diterima dengan baik oleh Acheampong. Ia lalu menggiringnya ke dalam kotak penalti dan menaklukkan kiper Hameed. Ghana 3-0 Irak.

Laga berakhir untuk kemenangan Ghana 3-0 atas Irak. Dengan hasil ini Ghana meraih juara ketiga Piala Dunia U-20.

******

Susunan pemain:

Ghana: Ofori; Baba, Attamah, Lartey, Addico (Nketiah 46'); Seidu, Odjer (Anaba 64'); Acheampong, Aboagye, Assifuah-Inkoom; Ashia (Narh 82')

Irak: Hameed; Ali Adnan, Ali Faez Atiyah, Ismail, Nadhim; Kamil (Shukor 55'), Tariq, Salman; Abdulhussein (I. Kadhim 69'), J. Kadhim (Jabbar Shwkan 79'); Abdulraheem