Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fokus Bertahan, Porsi Latihan Indonesia

By Kukuh Wahyudi - Kamis, 18 Juli 2013 | 23:32 WIB
M. Robby dituntut lebih disiplin posisi. (Kukuh Wahyudi/Bolanews)

Asisten Pelatih Indonesia XI, Yeyen Tumena, berharap pemain dapat belajar dari kesalahan kala laga kontra Belanda dan Arsenal. Bagi Yeyen, lini yang harus dibenahi segera ialah lini belakang.

Bila melihat skor dua laga terakhir memang semua mata tertuju pada barisan belakang tim besutan Jacksen F. Tiago. Gawang Kurnia Meiga kebobolan 10 gol dalam dua laga.

Jelang mengadapi uji coba ketiga, lawan Liverpool, pemain lebih banyak berlatib bertahan. Skemanya, ada satu bek melawan satu penyerang dan juga satu bek dilatih untuk menghadang dua penyerang.

"Latihan seperti itu hanya mengingatkan agar komunikasi pemain dapat berjalan dan posisi pemain belakang agar tepat," ujar Yeyen Tumena.

Yeyen menambahkan, sebenarnya latihan jelang menghadapi Liverpoo tak hanya memfokuskan pada sektor pertahanan. "Kami lakukan evaluasi semua lini," papar yeyen.

Indonesia akan ditantang Liverpool di SUGBK, Jakarta, Sabtu (20/7). "Target kami memang bukan uji coba ini. Laga ini adalah proses. Akan tetapi, kami harus belajar dari kesalahan," tutur Yeyen.