Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mundurnya Vilanova Sangat Tepat Bagi Tim Barcelona

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 20 Juli 2013 | 02:29 WIB
Sandro Rosell (kiri)dan Andoni Zubizarreta, saat memberikan penjelasan mengenai mundurnya Tito Vilanova. (David Ramos/Getty Images)

Kabar mundurnya pelatih Barcelona, Tito Vilanova, yang disampaikan oleh Presiden Klub, Sandro Rosell, dan Direktur Olah Raga, Andoni Zubizarreta, dinilai oleh keduanya sebagai keputusan terbaik yang diambil bagi tim.

Mundurnya Tito Vilanova ini memang sangat mengejutkan bagi semua kalangan, namun hal itu ternyata tidak berlaku bagi media olah raga, terutama mereka yang berbasis di Spanyol.

Gejala kemunduran Vilanova itu memang telah terendus oleh awak media Spanyol sebelum konferensi pers yang dilakukan oleh Sandro Rosell dan Andoni Zubizarreta itu.

Hal ini dikarenakan Barcelona telah dikabarkan tengah mengevaluasi kesehatan Vilanova yang tengah berjuang untuk dapat sembuh total dari kangker tenggorokan yang ia alami, dan tidak alam dari itu, pihak klub mengadakan konferensi pers yang tentunya dilakukan untuk meberikan sebuah kabar kepada media.

Namun, mundurnya Vilanova itu dipandang sebagai pilihan paling benar dan diambil pada waktu yang cukup tepat bagi Rosell, agar keadaan tim tidak seperti musim lalu yang sempat ditinggalkannya dalam beberapa pekan.

"Setelah mengevaluasi hasil pemeriksaan rutin pekan ini untuk memantau Tito Vilanova, pilihan telah muncul, karena ia harus menjalani pengobatan untuk penyakitnya yang akan membuatnya tidak dapat terus bertindak sebagai pelatih dari tim utama Barcelona," tutur Rosell.

"Keputusan ini kami ambil dengan cepat dan tepat demi kebaikan tim agar dapat konsisten di musim depan," lanjutnya.