Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alasan Vilanova Mundur Sebagai Pelatih Barcelona

By Oka Akhsan M. - Minggu, 21 Juli 2013 | 06:15 WIB
Tito Vilanova (Josep Lago/Getty Images)

Tito Vilanova akhirnya buka suara terkait pengunduran diri sebagai pelatih Barcelona. Vilanova memilih lengser karena merasa tak bisa memberikan komitmen penuh sebagai pelatih.

Barcelona mengumumkan Vilanova menanggalkan jabatan sebagai pelatih, Jumat (19/7), untuk melanjutkan pengobatan penyakit kanker yang dideritanya. Vilanova sempat menjalani operasi pada Desember 2012 sebelum kembali melatih pada Maret 2013 dan mengantar Barcelona meraih titel La Liga 2012/13.

"Dengan perawatan yang harus saya jalani saat ini, saya tak bisa 100 persen menjalani peran sebagai pelatih kepala," kata Vilanova seperti dilansir BBC Sport.

Vilanova tak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pemain dan staf pelatih yang telah memberikan dukungan kepadanya. Ia mengaku akan terus bekerja untuk Barcelona dengan peran yang berbeda.

"Setelah lima tahun yang indah sebagai bagian dari tim yang menjadi impian semua pelatih, inilah saatnya bagi saya untuk menghadapi perubahan dalam kehidupan profesional saya dan memfokuskan energi untuk melawan penyakit yang saya derita sejak satu setengah tahun lalu," ujar Vilanova.

"Tak mudah untuk meninggalkan tim yang bermaterikan pemain hebat, kolega, dan teman-teman di mana saya berbagi pengalaman dan kenangan indah bersama-sama," tutur Vilanova.

Barcelona dikabarkan akan mengumumkan suksesor Vilanova pekan depan. Untuk sementara, Joan Francesc Ferrer atau Rubi, akan menggantikan peran Vilanova sebagai caretaker.