Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Federer Kesulitan Beradaptasi dengan Raket Baru

By Oka Akhsan M. - Minggu, 21 Juli 2013 | 09:01 WIB
Roger Federer (Joern Pollex/Getty Images)

7 (7-9), 6-7 (4-7) di tangan petenis Argentina yang merangkak dari kualifikasi, Federico Delbonis, di semifinal Hamburg Terbuka, Sabtu (20/7).

Hasil buruk di Hamburg menambah panjang daftar kegagalan Federer sepanjang 2013. Sebelumnya, Federer tersingkir di babak kedua Grand Slam Wimbledon sehingga peringkat dunianya melorot ke posisi kelima atau yang terburuk dalam satu dekade.

Salah satu penyebab kegagalan Federer di Hamburg disinyalir karena masih beradaptasi dengan raket anyar yang lebih lebar dan baru pertama kali dipakai. Federer dua kali terpaksa bermain dalam tiga set dalam perjalanan menuju semifinal.

"Saya masih mencari waktu dan ritme. Saya telah mencoba segalanya di turnamen ini. Pekan ini sangat sulit bagi saya," kata Federer seperti dilansir WA Today.

"Sayang, saya tak mampu mencapai final. Meski demikian, saya telah menjalani empat laga yang bagus dan pertandingan seperti itulah yang saya butuhkan," ujar Federer.

Federer selanjutnya dijadwalkan mengikuti turnamen tanah liat Swiss Terbuka untuk pertama kali dalam sembilan tahun terakhir. Federer tentu berharap mampu meraih hasil terbaik di kandang sendiri.