Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tantangan Baru Rio Haryanto di Hungaroring

By Oka Akhsan M. - Kamis, 25 Juli 2013 | 18:21 WIB
Rio Haryanto (Anggun Pratama/Bolanews)

Kedatangan pebalap Indonesia, Rio Haryanto di Budapest, Hungaria, Rabu (24/7) dari Spanyol langsung disambut kondisi positif.

Ya, mesin baru yang dijanjikan tim Addax Barwa sejak GP Jerman  sudah tiba di Sirkuit Hungaroring. Bisa dipastikan Rio akan berlomba di seri ketujuh GP2 dengan mesin yang lebih gres.

"Rio sudah sejak Rabu malam  berada di Budapest. Saya bisa pastikan bahwa Rio akan mendapat mesin baru, saya sudah lihat itu. Semoga mesin kali ini lebih bagus," ungkap Piers Hunnisett, manajer Rio, lewat email yang dikirim ke redaksi BOLA.

Keberadaan mesin baru itu menjadi kebutuhan terkini Rio untuk menatap lima seri tersisa GP2. Apalagi di enam seri yang sudah dilakoni, penampilan Rio terkendala kemampuan mesin yang sering kurang maksimal dan gagal mencapai performa puncak saat dipakai saat kualifikasi serta lomba.

Tak heran jika hingga kini Rio baru mengumpulkan poin 18 dan menduduki posisi 18 di klasemen sementara.

"Usai menjalani latihan fisik di Barcelona, lalu mencoba simulator serta mendapat briefing teknis di Valencia, saya berharap Rio akan makin mantap berlomba di Hungaria. Mudah-mudahan, mesin baru ini bisa memaksimalkan persiapan yang sudah dilakukan Rio. Kita akan lihat pada sesi latihan dan kualifikasi pada jumat," lanjut Hunnisett.

Meski demikian, Rio masih dihadapkan pada persoalan menjajal mesin baru tersebut, sementara waktu untuk mengetes mesin baru ada saat latihan pada Jumat (26/7).

Di sisi lain, menurut ibunda Rio, Indah Pennywati, anaknya sempat terkena flu selama dua hari saat persiapan di Barcelona. Namun kondisinya saat ini sudah membaik.