Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ganda Putra Thailand Akhirnya Dijatuhi Sanksi

By Tulus Muliawan - Minggu, 28 Juli 2013 | 21:30 WIB
Bodin Issara/Maneepong Jongjit, pernah menjadi pasangan di olimpiade London 2012. (AFP/Getty Images)

Asosiasi Bulu Tangkis Thailand (BAT) akhirnya memberikan sanksi kepada dua pemainnya, Bodin Issara dan Maneepong Jongjit, yang terlibat perkelahian di ajang Kanada Grand Prix, akhir pekan lalu. Sanksi itu diberikan pada Sabtu (27/7) waktu setempat.

Bodin Issara yang dianggap menyerang dan memulai perkelahian mendapat hukuman dua tahun, sedangkan Maneepong Jongjit yang dianggap melakukan provokasi hanya diberi hukuman hukuman tiga bulan.

Presiden BAT, Charoen Wattanasin, sangat kecewa dengan aksi yang ditunjukkan dua pemainnya tersebut. Ia juga sangat menyesal karena kedua pemain itu telah merusak citra bulu tangkis Thailand.

"Apa yang sudah dibangun selama 60 tahun hancur karena kelakukan satu orang. Selama enampuluh tahun saya berkecimpung di bulu tangkis, saya belum pernah melihat  kasus kekerasan seperti ini," kata Wattanasin, mantan pemain dekade 1960-an, seperti dilansir Antara.

"Saya diminta untuk lebih memerhatikan kepentingan pemain. Namun buat saya ini bukan soal perasaan, tetapi ini soal citra negara kita di bidang bulu tangkis," kata wattanasin.

Seperti diketahui, Issara Bodin dan Maneepong Jongjit sebelumnya adalah ganda putra andalan Thailand yang sempat bermain di Olimpiade London 2012. Setelah berpisah, keduanya mendapat pasangan pemain lain. Maneepong Jongjit bersama Nipitphon Puangpuapech, sedangkan Bodin Issara bersama Pakkawat Vilailak.