Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gelar di Hungaria Penting Bagi Karier Hamilton

By Tulus Muliawan - Senin, 29 Juli 2013 | 20:57 WIB
Lewis Hamilton (Ker Robertson/Getty Images)

Lewis Hamilton sukses merebut gelar perdana musim ini di Grand Prix Hungaria, Minggu (28/7). Bagi pebalap Mercedes tersebut, gelar ini merupakan salah satu yang terpenting dalam kariernya.

Mercedes datang ke Budapest dengan pengalaman yang minim. Ditambah lagi, mereka juga tidak mengenali ban baru Pirelli  akibat tidak bisa tampil di sesi ujicoba pebalap muda di Silverstone dua pekan lalu.

Seperti diketahui, Mercedes dilarang tampil di sesi ujicoba lantaran sanksi yang diberikan Federasi Otomotif Internasional (FIA) terkait ujicoba ban ilegal di Barcelona Mei silam.

Akan tetapi, Mercedes mampu menunjukkan mental juaranya. Dalam keadaan tertekan, Hamilton dan Mercedes mampu mempelajari karakter ban Pirelli secara perlahan mulai dari sesi latihan bebas.

"Kami datang dalam keadaan yang kurang baik. Kami sama sekali tidak pernah berpikir soal merebut pole position, apalagi menjadi juara. Tapi ternyata kami mampu membuat kejutan dengan menjadi juara," ujar Hamilton kepada Autosport.

"Ini menjadi salah satu gelar terpenting dalam karier saya. Meraih gelar juara bersama Mercedes merupakan suatu kebanggaan. Apalagi seluruh anggota tim telah bekerja dengan sangat baik," kata pebalap Inggris tersebut.