Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Athletic Club de Bilbao

By Verdi Hendrawan - Selasa, 30 Juli 2013 | 06:25 WIB
Athletic Bilbao (desmotivaciones.es)

4 di sepanjang sejahar sepak bola Spanyol dan memiliki beberapa keunikan dalam karier dan kebijakan klubnya.

Athletic Bilbao memiliki julukan Los Leones atau The Lions, karena stadion mereka semula, Estadio San Mames, berada di dekat sebuah gereja bernama San Mames yang diambil dari nama seorang Santo (Saint) atau orang yang dianggap suci oleh umat Kristiani.

Santo Mames adalah seorang yang pernah dilepaskan oleh orang-orang Romawi ke hadapan seekor singa, namun hewan buas itu menolak untuk menyerang dan memakan tubuhnya. Hal itu lah yang membuat dirinya dianggap seorang yang suci. Penggunaan nama San Mames itu juga yang membuat nama lain dari stadion mereka adalah "the football cathedral" atau Katedral Sepak Bola.

Athletic Bilbao semula terbentuk oleh beberapa orang Inggris yang bekerja sebagai awak kapal laut dan pebuat baja, serta beberapa mahasiswa lokal yang menempuh ilmu di Negeri Ratu Elizabeth itu.

Pada awal 1890-an, para pekerja Inggris itu memperkenalkan permainan sepak bola di Basque, dan diikuti oleh para mahasiswa yang memiliki ketertarikan pada permainan itu setelah kembali ke tanah air mereka. Kemudian para pekerja Inggris itu bergabung dan sepakat untuk membentuk sebuah klub sepak bola yang mereka namai Bilbao Football Club. Sementara itu para mahasiswa yang ingin mengembangkan diri di olah raga sepak bola itu membentuk klub bernama Gymnasium Zamacois pada 1898.

Kedua klub ini merupakan cikal bakal dari Athletic Bilbao dan Atletico Madrid yang ada pada saat ini, karena beberapa mahasiswa Bilbao itu banyak yang hijrah ke ibu kota Spanyol untuk mengadu nasib dalam pekerjaan mereka, namun mereka tidak dapat meninggalkan sepak bola.

Kedua klub Bilbao itu memutuskan untuk bersatu dan mengorganisir klub tersebut dengan lebih formal dan profesional pada 1901 di sebuah cafe bernama Garcia. Kedua klub itu berhasil tampil di Copa del Rey edisi pertama yang pasa saat itu masih bernama Copa de la Coronacion pada 1902 dengan nama Bizcaya dan mereka berhasil memenangkannya setelah mengalahkan Barcelona di final dengan skor 2-1.

Setelah musim itu, mereka menerima keinginan untuk melakukan merger dengan klub Bilbao lainnya dan mengubah nama mereka menjadi Athletic Club Bilbao. Setelah mereka melakukan merjer dan berganti nama, tidak membuat mereka kehilangan kekuatan.

Bilbao kembali berhasil memenangkan Copa del Rey pada pada musim 1903 setelah di partai final mereka berhasil menaklukkan Madrid FC (Real Madrid) dengan skor 3-2, dan berhasil mereka ulangi kesuksesan itu pada 1904 setelah menang walk out dari tim ibu kota lainnya, Club Espanyol de Madrid.

Pada musim 1909/10 mereka mengubah warna seragam mereka yang semula menggunakan warna biru-putih khas klub Premier League, Blackburn Rovers. Hal ini terjadi berkat sebuah insiden, di mana seorang mahasiswa asal Bilbao yang bernama Juan Elorduy yang menghabiskan natalnya di London untuk membeli seragam mereka setelah mendapatkan bantuan dari orang bernama Juan Mose.