Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Joko Driyono Fokus Pada Pembenahan Wasit

By Kukuh Wahyudi - Selasa, 30 Juli 2013 | 12:34 WIB
Joko Driyono (Dwi Ari Setyadi/Bolanews)

Indonesia Super League (ISL) 2012/13 telah memasuki penghujung kompetisi. Kinerja wasitpun menjadi sorotan kontestan yang bersaing untuk menjadi yang terbaik.

CEO PT Liga Indonesia, yang menaungi ISL, mengatakan tak lepas tangan dengan kondisi tersebut. Ia mengaku fokus untuk pembenahan kualitas wasit yang ada.

Untuk musim 2014, Joko Driyono akan melakukan registrasi wasit di level regional maupun FIFA pada Oktober 2013. Pria yang juga menjabat Sekjen PSSI itu, membagi pembenahan itu menjadi jang pendek dan juga jangka panjang.

"Dalam jangka pendek kami akan memaksimalkan tenaga yang ada. Wasit akan diberikan appointment, assessment, reward dan punishement,” kata Joko Driyono.

Dalam laga yang berlangsung kurang dari seminggu saja, Joko Driyono mengatakan sudah ada pengaduan terhadap kinerja wasit. Itu terjadi pada laga Persib kontra Barito Putra di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kamis (25/7). Kala itu gol Persib yang dibuat Kenji Adachihara dianulir wasit Solikin saat kedudukan 2-2. Kenji dinilai melakukan pelanggaran terharap penjaga gawang Dian Agus.

Selain itu, Sriwijaya juga merasa dirugikan oleh wasit saat mengalami kekalahan 0-1 dari Persija di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (27/7).